PGN

10 Rumah di Kelurahan Jati, Mayangan Kota Probolinggo Uji Coba Gas In Jargas PGN  

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk tahun ini menjadi operator jaringan gas Rumah Tangga (jargas RT) yang salah satunya di wilayah Kota Probolinggo.

10 Rumah di Kelurahan Jati, Mayangan Kota Probolinggo Uji Coba Gas In Jargas PGN   
surya.co.id/sugiharto
Seorang karyawan mengontrol Meter Reducing Station (MRS) di Kelurahan Jati Kota Probolinggo, Rabu (17/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA  - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk di tahun 2018 melaksanakan penugasan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membangun dan menjadi operator jaringan gas Rumah Tangga (jargas RT) yang salah satunya di wilayah Kota Probolinggo.

Dalam perkembangannya, di pertengahan Oktober 2018 ini, telah ada penyaluran gas (gas in) pada 10 RT di wilayah Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

"Gas in untuk 10 RT ini merupakan uji coba untuk 611 RT yang disiapkan sebagai pengguna jargas di wilayah kami," kata Endah Dwi Kumalasari, Kepala Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Rabu (17/10/2018).

Saat kunjungan di beberapa rumah yang sudah gas in, mengaku sangat antusias dengan fasilitas ini.

"Sekitar 2 Minggu sudah gas in. Kami sudah pakai untuk kegiatan masak dan cukup enak, tidak takut kalau kehabisan mendadak, misalnya pas tengah malam begitu," cerita Marianto, warga Kelurahan Jati.

Begitu juga yang dirasakan Siswanto, warga Jati yang memiliki usaha batik tulis. Meski dia pelanggan jargas RT, namun manfaat yang didapatnya adalah bisa memenuhi kebutuhan untuk merebus air panas sebagai pendukung usahanya saat mengolah kain batik.

"Kebutuhan saya dalam usaha batik tulis khusus pesanan ini adalah dengan air panas yang harus direbus untuk meluruhkan warna kain. Kalau pakai gas elpiji, per bulan saya perlu dua tabung. Dengan gas alam ini, meski belum ada hitungan, semoga lebih hemat," lanjut Siswanto.

Kembali ke Endah, disebutkan bila di wilayahnya ada 611 RT yang akan menggunakan jargas ini.

"Saat ini infrastruktur berupa pipa-pipa sudah terpasang semua. Hanya yang masih uji coba 10 rumah, targetnya sebelum akhir tahun, 611 RT sudah gas ini semuanya," ungkap Endah didampingi tim dari PGN.

Agung Kuswardono, Pejabat Pembuat Komitmen Project Jargas Probolinggo, dari Ditjen Migas Kementerian ESDM, mengatakan bila warga kota Probolinggo yang mendapatkan jargas mencapai 6.025 Rumah Tangga.

"Selain di Kelurahan Jati, juga di Kelurahan Mangunharjo, Kelurahan Mayangan dan Kelurahan Wiroborang," tambah Agung.

Kelurahan-kelurahan tersebut merupakan hasil usulan walikota kepada Kementerian ESDM, tersebar di titik-titik Regulating Station (RS) di wilayah Kelurahan Jati dan Kelurahan Mangunharjo. Antara lain, MRS Kelurahan Jati, RS1 ,RS2 RS3 dan RS4 tersebar di Jalan Sabdo Palon, RS5 dan RS6 di Mangunharjo, dan RS7 dan RS8 di Jalan Ikan Kerapu.

RS1 sebanyak 27pelanggan, RS2 865 pelanggan, RS3-4 766pelanggam, RS5 450 pelanggam, RS6 592 pelanggam, RS7-8 2.074 pelanggan.

Termasuk di kelurahan Jati, sebanyak 664 warga telah terpasang instalasi pipa, dan 10 rumah diantaranya telah diujicoba pengaliran gas melalui MR/S di kantor kelurahan Jati. Per 6 September 2018, progres pelanggan 4.091 dari 5.025 pelanggan.

Berikut videonya:

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved