Berita Surabaya

Pesan Tri Rismaharini ke Wakil Wali Kota Semarang saat Timba Ilmu di Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kedatangan tamu Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, Selasa (16/10/2018)

Pesan Tri Rismaharini ke Wakil Wali Kota Semarang saat Timba Ilmu di Surabaya
Istimewa
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (kanan) mendapatkan cinderamata dari Wakil Wali Kota Semarang, Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha di Bali Kota Surabaya, Selasa (16/10/2018) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kedatangan tamu Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, Selasa (16/10/2018). Dia bersama rombongan dari Semarang guna menimba ilmu dari Kota Pahlawan.

Kunjungan kerja (Kungker) Ngesti Nugraha dan rombongan diterima Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya.

Ngesti Nugraha menyampaikan, kunker kali ini berkaitan dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penanganan kesejahteraan lansia.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyambut dengan senang, dia menyampaikan Surabaya tidak memiliki Raperda khusus untuk lansia.

Meski begitu tidak dipungkiri, ada beberapa program penanganan lansia. Sebanyak 59.167 lansia miskin dan tidak mampu di Surabaya mendapatkan makanan gratis sebulan empat kali. Selain itu ada pemeriksaan gratis sebulan sekali dengan kedatangan dokter ke tempat mereka langsung.

“Selain itu, ada pelatihan senam lansia di kampung dan kita sediakan trainer lalu ada griya werdha untuk menampung 123 lansia serta taman lansia. Semua kita fasilitasi," kata Risma saat dimintai saran.

Tak hanya itu, pemkot Surabaya memfasilitasi para lansia dengan pelayanan kesehatan BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI), semua biayanya ditanggung Pemkot Surabaya.

Dalam pemberian makanan, Pemkot Surabaya melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini sekaligus memangkas sistem birokrasi.

“Angka hidup lansia makin panjang, kalau dulu 71 tahun sudah meninggal kini usia 73 tahun. Semoga bisa kita pertahankan,” katanya.

Mendapatkan sambutan hangat dan contoh program, Ngesti pun berterima kasih. Dia juga beberapa kali memuji Pemkot Surabaya dalam menjalankan program dan inovasi, khususnya terkait pemenuhan kebutuhan warga lansia.

“Pelayanan kesehatan itu sangat penting bagi mereka dan itu akan kita terapkan di Semarang,” tutupnya.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved