Lifestyle

Jangan Beli Popok sebelum Tahu Bobot Bayinya, Mengapa?

Agar mendapatkan kenyamanan, cara mengganti popok adalah satu unsur terpenting bagi bayi sehingga terbebas dari ruam.

Jangan Beli Popok sebelum Tahu Bobot Bayinya, Mengapa?
surya.co.id/sudharma adi
Talkshow ‘Aku dan Ayah Happy Day’s Out’ digelar Baby Happy, produk popok bayi produksi Wings Care bersama Dude Harlino, artis peran sekaligus Brand Ambassador Baby Happy.   

SURYA.co.id | SURABAYA - Optimalisasi tumbuh kembang anak tak lepas dari kenyamanan. Agar mendapatkan kenyamanan, cara mengganti popok adalah satu unsur terpenting bagi bayi sehingga terbebas dari ruam popok. Untuk itu popok pun harus diganti minimal enam kali sehari.

Hal ini dijelaskan dr Dini Adityarini, Sp.A dari RSIA Kendangsari MERR, Senin (15/10/2018).

Dia menilai, kualitas popok sangat menentukan anak bisa tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Bagaimana korelasinya?

Balita sering mengalami ruam popok seperti muncul bercak kemerahan yang meradang di kulitnya.

“Ini menimbulkan rasa gatal, perih dan tak nyaman pada bayi,” jelasnya, usai acara ‘Aku dan Ayah Happy Day’s Out’ yang digelar Baby Happy, produk popok bayi produksi Wings Care di Tunjungan Plaza 3 dalam rilisnya, Senin (15/10/2018).

Dijelaskan, ruam biasa terjadi di area tertutup popok, seperti sekitar bokong, pangkal paha bagian dalam, dan sekitar kemaluan.

Ruam popok ini terjadi akibat pemakaian popok yang terlalu kencang, sisa urin dan kotoran bayi yang dibiarkan membuat kulit menjadi lembab.

Ruam popok dan alergi pada kulit bayi juga dapat disebabkan, karena daya tahan tubuh bayi yang masih rentan dan kurangnya asupan ASI.

“Kasus penolakan bayi pada susu ibu termasuk sangat tinggi. Mengapa begitu ? Pengalaman dan riset laktasi menunjukkan bahwa salah satu faktor besar munculnya kegagalan dalam memberi ASI adalah ketidaknyamanan bayi ketika menyusu ibu,” urainya.

Dijelaskan, faktor penyebab ketidaknyamanan, antara lain, posisi bayi dalam pelukan ibu tak tepat, kondisi lingkungan seperti cuaca ekstrim dan kebisingan, dan yang terakhir yaitu kondisi badan bayi yang terganggu seperti gatal-gatal, batuk, atau pakaian dan popok basah.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved