Berita Surabaya

Mengintip Cara Kerja CCTV Pendeteksi Wajah di Terminal Purabaya yang Bisa Dipakai Memburu Buronan

Terminal Purabaya telah memasang CCTV pendeteksi wajah yang bisa dipakai untuk memburu buronan. Seperti apa cara kerjanya?

Mengintip Cara Kerja CCTV Pendeteksi Wajah di Terminal Purabaya yang Bisa Dipakai Memburu Buronan
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Petugas mengamati rekaman cctv perekam wajah di cctv room Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, Rabu (10/10). Pemkot Surabaya menyiapkan CCTV perekam wajah yang akan disebar di sejumlah tempat di Kota Surabaya. CCTV ini akan membantu dalam melacak pelaku kejahatan dan kriminal, mencari orang hilang, hingga menangkap pelaku teroris dan pelaku buron 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sinyal tiba-tiba berbunyi saat seorang melintas. Notifikasi di layar monitor terlihat saat wajah salah seorang ter-capture. Bersamaan itu pula, petugas langsung memusatkan perhatian pada sosok ini.

Demikian gambaran cara kerja CCTV pendeteksi wajah yang sudah dioperasikan di Terminal Purabaya dan tengah dikembangkan di Kota Surabaya.

Nantinya hasil deteksi wajah itu akan terintegrasi dengan pusat Command center 112 di gedung Siola.

"Wajah sosok itu bunyi karena dia yang selama ini dicari (bisa pelaku DPO atau orang hilang). Kami sudah menyimpan foto orang ini sehingga otomatis saat melintas dan terdeteksi, kamera CCTV akan berbunyi," terang Harlan Satria, Petugas di Ruang CCTV pendeteksi wajah di Terminal Purabaya saat ditemui Surya, Minggu (14/10/2018).

Operator CCTV pengenal wajah di Terminal Purabaya ini mengatur agar apabila ada sosok yang dicari yang wajahnya tertangkap kamera, ada suara peringatan di ruang kontrol. 

Deteksi wajah ini memiliki tingkat akurasi antara 70 persen hingga 100 persen. 

"Kami contohkan Agus, sosok cleaning service ini. Itu diumpamakan dia adalah pelaku. Kami sebelumnya sudah menyimpan foto Agus sehingga hasil capture di monitor menimbulkan bunyi," urai Harlan sambil menunjukkan layar monitor.

Baca: Perut Kram Saat Mengemudi, Ibu Hamil asal Surabaya Tabrak Tujuh Motor Parkir di Sidoarjo

Detik itu juga foto hasil capture dengan foto lama tersanding. Karena sangat identik dan persis itulah, sistem menunjukkannya dengan bunyi. Untuk memastikan sekali lagi, Harlan pun memutar kembali video utuh melalui CCTV. Mulai sosok Agus masuk terminal Purabaya hingga persis di atas tangga eskalalator ter-capture.

Di terminal ini ada 16 titik yang diawasi CCTV pendeteksi wajah. Sebab terminal besar ini sangat rentan dengan aksi kejahatan. Mulai copet hingga calo sehingga sangat tepat jika dipasang CCTV pengenal wajah. Selain banyak pula pelaku kriminal bisa jadi melintas di terminal untuk keluar kota.

Saat ada bunyi itu, petugas akan fokus pada hasil capture foto tadi. Hasil foto yang identik itu bisa langsung disampaikan ke Petugas Polisi jika dia adalah DPO. Atau bisa juga jika petugas menunggu di ruang CCTV bisa langsung mencegat dan mengamankan pelaku DPO yang dicari tersebut.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved