Berita Blitar

Rencana Relokasi PKL Alun-Alun Kota Blitar Masih Simpang Siur, Pedagang: Buat Jatuhkan Mental

Sesuai rencana, para PKL akan direlokasi ke Stadion Supriyadi. Tetapi, pelaksanaan relokasi PKL masih dalam pembahasan.

Rencana Relokasi PKL Alun-Alun Kota Blitar Masih Simpang Siur, Pedagang: Buat Jatuhkan Mental
surya/samsul hadi
Kondisi tempat berjualan PKL di sisi timur Alun-Alun Kota Blitar. 

SURYA.co.id | BLITAR - Rencana relokasi pedagang kaki lima (PKL) di sisi timur Alun-Alun Kota Blitar masih simpang siur. Pemkot Blitar menyebutkan relokasi PKL dilakukan tahun ini, tapi sebalikanya sampai sekarang pedagang belum mendapat pemberitahuan secara resmi.

"Kalau sosialisasi secara resmi dari Pemkot, sampai sekarang belum ada. Selama ini hanya kabar dari mulut ke mulut saja," kata Antoni, salah satu PKL di sisi timur Alun-Alun Kota Blitar, Jumat (12/10/2018).

Dia mengatakan kabar soal relokasi PKL di Alun-Alun memang sudah lama didengar para pedagang. Tetapi, pedagang tidak tahu kapan kepastian rencana relokasi itu. Malah, kabar terbaru, para PKL di sisi timur Alun-alun tidak jadi direlokasi.

Pemkot Blitar hanya menata kembali posisi berjualan para PKL. Saat ini, para PKL menggelar barang dagangan di atas trotoar.

Rencananya, lokasi berjualan para PKL dimundurkan ke dalam Alun-alun. Sebab, Pemkot Blitar akan memperlebar jalan di lokasi untuk kawasan parkir.

"Kabar terbaru, para PKL tidak jadi direlokasi, tapi tempat jualannya ditata agak mundur dari posisi sekarang. Tapi, kabar itu juga dari mulut ke mulut, belum ada pemberitahuan resmi. Kami menganggap kabar relokasi itu hanya untuk menjatuhkan mental pedagang," ujarnya.

APlt Kepala Satpol PP Kota Blitar, Juari, menyatakan para PKL di sisi timur Alun-alun rencananya memang akan dipindah.

Sesuai rencana, para PKL akan direlokasi ke Stadion Supriyadi. Tetapi, pelaksanaan relokasi PKL masih dalam pembahasan.

"Nanti kalau sudah siap, kami akan melakukan sosialisasi ke para pedagang. Perkiraan pelaksanaannya akhir tahun ini atau awal 2019," kata Juari.

Dikatakanya, secara bertahap semua PKL di Alun-Alun akan dipindah. Pemkot Blitar akan menyeterilkan Alun-Alun dari aktivitas PKL.

"PKL yang di sisi utara juga akan dipindah, tapi secara bertahap," ujarnya.

Menurut Juari, sesuai Perwali, kawasan Alun-Alun memang diperbolehkan untuk aktivitas PKL. Tetapi, kalau Pemkot Blitar membutuhkan tempat berjualan PKL untuk pembangunan, para pedagang harus mau direlokasi.

Pemkot memang berencana membangun taman di sekeliling Alun-Alun.

"Sesuai Perwali memang diperbolehkan. Tapi kalau tempatnya dibutuhkan untuk pembangunan, mereka (PKL) harus mau pindah. Karena itu fasilitas umum," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved