Breaking News:

Berita Sidoarjo

Perbaikan Tanggul Lumpur Lapindo Sidoarjo yang Ambles Belum Maksimal, Ini Sebabnya

Perbaikan tanggul yang sudah dilakukan adalah menguruk bagian pinggir luar tanggul yang ambles, kemudian mengawali peninggian dari sisi utara.

surya/m taufik
Hengky Listria Adi, Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (baju putih) saat memberi penjelasan kepada Kapolresta Sidoarjo di tanggul, Rabu (10/10/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Usai menerima kedatangan Kapolresta Sidoarjo bersama Dandim 0816, pihak Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) menyampaikan, perbaikan tanggul ambles terus dilakukan.

Menurut Hengky Listria Adi, Humas PPLS, perbaikan tanggul ambles di titik 67 sudah berlangsung sejak Selasa (9/10/2018).

Namun, diakuinya perbaikan belum maksimal karena masih menunggu penurunan debit air di dalam kolam.

"Kami pastikan tanggul dalam kondisi aman. Jadi kami juga mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap tenang," jawab Hengky, Rabu (10/10/2018) siang.

Perbaikan tanggul yang sudah dilakukan adalah menguruk bagian pinggir luar tanggul yang ambles, kemudian mengawali peninggian dari sisi utara.

"Perbaikan dan penguatan tanggul terus dilakukan sambil menunggu volume air di kolam menurun," tandasnya.

Upaya menurunkan air sendiri, masih kata Hengky, dilakukan dengan cara mengalirkan semua air dari pusat semburan lumpur ke arah selatan.

Air dilarikan dengan over flow ke titik 42 di Glagaharum, kemudian dipompa ke atas untuk selanjutnya dialirkan ke sungai Porong menggunakan kapal keruk yang ada di sana.

"Dengan begitu, diharapkan kondisi air di sisi Utara atau sekitar tanggul yang sedang diperbaiki bisa terus menurun," sebut Hengky.

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga menegaskan tidak ada lagi air dan lumpur yang meluber keluar tanggul, seperti kejadian Jumat (5/10/2018) lalu.

Bahkan, berulang kali dia menyebut, kondisi tanggul aman dan tidak ada potensi lumpur maupun air meluber, apalagi tanggul jebol.

Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved