Breaking News:

Berita Sidoarjo

Setiap Bulan Tanggul Lumpur Lapindo Sidoarjo Ambles 6 Centimeter di Sejumlah Titik

Di sejumlah titik setiap bulan rata-rata tanggul ambles sekitar 2 centimeter sampai 6 centimeter di sejumlah titik.

surya/m taufik
Kondisi Tanggul Lumpur Lapindo Sidoarjo yang mengalami kemiringan, retak, dan ambles, Senin (8/10/2018). Di sejumlah titik lain, juga kerap ambles karena tanah tidak stabil. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Tanggul lumpur Lapindo Sidoarjo ambles ternyata bukan hal baru.

Setiap bulan, tercatat rata-rata tanggul sepanjang 12 kilometer itu mengalami penurunan di sejumlah titik.

Menurut Andi Sudirman, Kabid Pelaksanaan Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), di sejumlah titik setiap bulan rata-rata tanggul ambles sekitar 2 centimeter sampai 6 centimeter di sejumlah titik.

"Itu karena memang kondisi tanah di daerah ini tidak stabil. Ditambah lagi tanah jenuh air sehingga kekuatannya berkurang," urai dia saat ditemui di tanggul lumpur, Senin (8/10/2018).

Karena itu, pihaknya terus melakukan perawatan tanggul.

Selalu dilakukan evaluasi dan titik yang ambles ditambal serta dipadatkan kembali, sebagaimana standarnya.

Mengenai tanggul di Dusun Pologunting, Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, yang ambles sampai lima meter sepanjang 100 meter, disebutnya baru pertama kali terjadi.

Penyebabnya adalah volume air dan lumpur dari pusat semburan sedang sangat tinggi, mencapai kisaran 75.000 meter kubik perhari. Serta, semburan itu arahnya cenderung ke selatan.

"Karena tingginya tekanan, air merembes lewat bawah tanggul dan kemudian tanggul ambles," urai Andi.

Kendati demikian, dari perhitungan teknis, menurutnya kondisi itu aman. Tidak berpotensi masalah besar ke kampung sekitar.

"Namun kami paham, ada unsur psikologis dari masyarakat sehingga khawatir dengan kondisi ini. Tapi dari kacamata kami, kondisi ini aman," tandasnya.

Proses perbaikan tanggul yang ambles itu sendiri baru bisa dilakukan setelah volume air turun sampai satu meter, padahal saat ini baru turun 30 centimeter di hari keempat tanggul ambles.

Dan proses perbaikan tanggul yang ambles itu, sampai kondisi kembali normal, diperkirakan butuh waktu sekitar 1,5 bulan.

"Tapi antisipasinya sudah dibuat tanggul tambahan di bagian luar. Jadi selama proses perbaikan tanggul, kondisi tetap aman," urai dia.

Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved