Rumah Politik Jatim

Pengamat Politik, Surokim Sebut Massa PKS Paling Solid Dukung Prabowo-Sandi

Kepada TribunJatim.com (grup SURYA.co.id), Surokim menjelaskan, PKS adalah partai yang paling solid dalam hal dukungan.

Pengamat Politik, Surokim Sebut Massa PKS Paling Solid Dukung Prabowo-Sandi
surya/istimewa
Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo, Surokim Abdussalam 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sampai sejauh ini di berbagai lembaga survey, partai yang paling solid dalam memberikan dukungan nya adalah dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berdasarkan hal tersebut, koalisi dari pengusung pasangan Capres Prabowo - Sandi di Pilpres 2019 tentu harus menjaga PKS agar tetap dalam sirkum politik mereka.

Hal itu diungkapkan oleh Surokim Abdussalam selaku pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Rabu (3/10/2018).

Kepada TribunJatim.com (grup SURYA.co.id), Surokim menjelaskan, PKS adalah partai yang paling solid dalam hal dukungan.

"Pemilih PKS termasuk pemilh-pemilih yang solid, karena sebagian besar pemilih dan ideologinya," jelas Surokim.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu PKS mengalami guncangan berrupa sebagian kadernya di daerah mundur. Yakni, pengurus DPW PKS Bali dan pengurus DPC PKS Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur.

Mengenai hal itu, Surokim yang juga Dekan Fisip UTM ini memahami hal itu adalah sebuah sesuatu yang berbahaya, harus lebih dipertimbangkan betul-betul.

"Karena memang pemilih PKS ini termasuk pemilih yang solid dan tentu menjadi satu modal masalah dari Prabowo. Sehingga koalisi dari Prabowo juga harus lebih berhati-hati dalam membangun narasi yang kira-kira sangat sensitif bagi kelompok-kelompok di PKS," ujarnya.

Surokim menyarankan, untuk koalisi dari Prabowo seharusnya lebih bisa mengembangkan nalar-nalar yang sifatnya lebih mengikat kelompok-kelompok yang ada di lingkungan PKS.

"Lebih baik mengembangkan nalar-nalar yang bisa mengikat kelompok-kelompok yang selama ini sudah terbukti sudah menjadi pemilih loyal di Prabowo, karena itu modal dasarnya," pungkasnya. (Aqwamit Torik)

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved