Berita Lumajang

Dirut PT KAI Mendadak Mampir ke Bakti Sosial Rail Clinic di Stasiun Randuagung Lumajang

PT KAI Daops 9 Jember menggelar baksos kesehatan bagi warga sekitar stasiun Randuagung, di Lumajang. Mendadak, Dirut PT KAI datang

Dirut PT KAI Mendadak Mampir ke Bakti Sosial Rail Clinic di Stasiun Randuagung Lumajang
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Rail Clinic yang digelar PT KAI Daops 9 Jember 

SURYA.co.id | LUMAJANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) 9 Jember menggelar bakti sosial bagi warga sekitar Stasiun Randuagung Kabupaten Lumajang, Rabu (3/10/2018).

Bakti sosial itu berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, serta sosialisasi Rail Library atau perpustakaan kereta api.

Bakti sosial kali ini memang melibatkan kereta api kesehatan (Rail Clinic) dan Rail Library. Kereta kesehatan dilengkapi berbagai fasilitas kesehatan dan perpustakaan ini hadir dengan tenaga medis yang terdiri dari dokter, asisten dokter, petugas laboratorium, asisten apoteker dan para perawat, serta bidan.

Rail Clinic yang hadir di Stasiun Randuagung itu adalah generasi ke-4 dengan fasilitas lebih lengkap.

Fasilitasnya antara lain ruang pemeriksaan gigi, ruang pemeriksaan mata, ruang ibu dan anak, fasilitas laboratorium hematology analizer sysmex berbasis komputer untuk mengukur sampel darah sehingga mampu membantu mendiagnosis penyakit seperti kanker dan diabetes, serta fasilitas perpustakaan yang menyediakan berbagai buku pengetahuan.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daops 9 Jember, Luqman Arif, kehadiran Rail Clinic merupakan salah satu bentuk kepedulian PT KAI terhadap masyarakat di sekitar lingkungan Stasiun dan juga jalur kereta api.

“Sejatinya Rail Clinic memang dimaksudkan PT KAI untuk menjangkau daerah-daerah terpencil dan di sekitar jalur kereta api. Hal ini dilakukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar jalur KA” ujar Luqman kepada Surya, Rabu (3/10/2018).

Baca: Mengaku Bohong, Ratna Sarumpaet: Itu Hanya Cerita Khayal, Entah Diberikan Oleh Setan Mana ke Saya

Baca: Sempat Iba Ratna Sarumpaet Dianiaya, ini Pernyataan Hanum Rais Setelah Kebohongan Terungkap

Melalui bakti sosial itu, PT KAI Daop 9 Jember menyasar 300 orang yang terdiri atas 200 orang dewasa dan 100 orang pelajar SD. Tim medis memeriksa kesehatan 300 orang tersebut. Setelah memeriksa kesehatan mereka secara gratis, petugas mengarahkan masyarakat mendatangi perpustakaan kereta api.

"Terutama yang anak-anak, kami arahkan ke Rail Library supaya mereka bisa membaca buku yang tersedia baik yang buku manual maupun elektronik," lanjut Luqman.

Tim PT KAI Daops 9 juga membagikan 50 kacamata secara gratis kepada anak-anak yang kurang mampu di kawasan bakti sosial.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved