Breaking News:

Berita Surabaya

Mahasiswi Surabaya Bikin Tabir Surya dari Buah Bit, Seperti Ini Hasilnya

Gel tabir suryanya memiliki komposisi yang memberikan efek sejuk. Hal ini berbeda dengan sejumlah tabir surya yang sudah ada.

surya/sulvi sofiana
Maria Gracela (23), mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) ketika menunjukkan proses pembuatan gel tabir surya pada SURYA.co.id di kampus Pakuwon City UKWMS, Selasa (2/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Laboratorium menjadi jujugan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir, seperti Maria Gracela (23), mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang menyiapkan buah Bit untuk dijadikan gel tabir surya.

Maria mengungkapkan, dari rangkaian proses pembuatan buah bit menjadi gel tabir surya, ia menghabiskan waktu paling lama untuk mengentalkan sari buah bit.

"Jadi setelah buah bit di ambil sarinya, harus dipanaskan dengan uap dan dijaga suhunya sampai kental. Butuh sampai 24 jam itu," urainya ketika menunjukkan proses pembuatan gel tabir surya pada SURYA.co.id di kampus Pakuwon City UKWMS, Selasa (2/10/2018).

Iapun menghabiskan waktu hingga sembilan jam di laboratorium kampus sebelum memutuskan untuk mengolah sari buah bit di kos tempatnya tinggal.

Dibantu teman kuliahnya, gadis asal Kediri ini bisa begadang untuk memastikan suhu dari pemanas sari buah bit ini kurang dari 70 derajat Celcius.

"Kalau terlalu panas atau kena api langsung nanti bisa hangus dan kandungan antioksidannya hilang," ujarnya.

Setelah mengentalkan sari buah bit ini, ia kemudian mencampurkan berbagai bahan tambahan.

Mulai dari Carbopol dan Trietanolamin sebagai bahan yang membantu kekentalan gel.

Kemudian ditambahkan Gliserin untuk menambah kelembapan.

"Saya juga harus menambahkan Nipagin dan Nipasol untuk antimikroba, karena gel tabir surya yang dibuat berasal dari bahan alam,"urainya.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved