Berita Pasuruan

Giliran Pesantren di Jawa Timur Mandiri, Kembangkan Koperasi untuk Dongkrak Ekonomi Pesantren

Ratusan Koppontren mengikuti serangkaian pelatihan untuk mengembangkan bisnis di lingkungan pesantren.

surya/galih lintartika
Acara Fasilitasi Pembiayaan Konsolidasi, Serta Penyusunan Rencana Bisnis Koppontren Jawa Timur di Pondok Pesantren (Ponpes) Al - Yasini, Pasuruan, Senin (1/10/2018). 

SURYA.co.id | PASURUAN - Ratusan penggerek Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) di Jawa Timur mengikuti acara "Fasilitasi Pembiayaan Konsolidasi, Serta Penyusunan Rencana Bisnis Koppontren Jawa Timur" di Pondok Pesantren (Ponpes) Al - Yasini, Pasuruan, Senin (1/10/2018).

Ratusan Koppontren mengikuti serangkaian pelatihan untuk mengembangkan bisnis di lingkungan pesantren.

Banyak pihak yang datang memberikan informasi dan saling sharing pengalaman.

Kepada SURYA.co.id, M Alaika Fajri, Bendahara Umum Pusat Koperasi Pondok Pesantren Indonesia (Puskopi) Jatim menjelaskan, visi misi acara ini sebenarnya Puskopi Jatim ingin mewadahi Koppontren di Jatim.

Kata dia, sudah saatnya pesantren mandiri.

Selama ini, mungkin stigma ponpes hanya dianggap sebagai pusat pendalaman agama, dan hanya sekadar menunggu bantuan dan sumbangan.

"Padahal, sudah banyak koperasi di ponpes yang sudah berkembang pesat di Jawa Timur. Bahkan, nilai pendapatan yang didapatkan per tahun mencapai miliaran. Makanya, kami memilih acara di Pasuruan, karena sejumlah Ponpes di Pasuruan sudah berhasil mengembangkan Koppontren yang sangat luar biasa," terang dia.

Menurut dia, ada dua ponpes di Pasuruan yang koperasinya berkembang sangat cepat, yaitu koperasi di Ponpes Al - Yasini dan Ponpes Sidogiri.

"Kami ingin memetakan potensi ekonomi di lingkungan konpontren di jawa timur. Entah bergerak peternakan, perikanan, perdagangan, simpan pinjam, jasa berbasis syariah dan sebagainya. Kami petakan dalam acara ini," kata dia.

Selanjutnya, ia ingin memecah simpul kebutuhan dasar pada masing-masing ponpes jawa timur.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved