Berita Madiun

Ini Sikap Perguruan Pencak Silat Kera Sakti pada Pileg dan Pilpres 2019

Deklarasi digelar di padepokan IKS PI Kera Sakti Pusat Madiun, Jalan Letjend Sutoyo, Buduran, Wonoasri, Kabupaten Madiun

Ini Sikap Perguruan Pencak Silat Kera Sakti pada Pileg dan Pilpres 2019
Surya/Rahardian Bagus
Para ketua dan pengurus IKS PI Kera Sakti menggelar ikrar deklarasi dukungan terhadap TNI dan Polri untuk mendukung penyelenggaraan pileg dan pilpres 2019 yang aman. 

SURYA.co.id|MADIUN - Sebagai organisasi besar dengan jumlah anggota sekitar satu juta orang, Perguruan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS PI) Kera Sakti Pusat Madiun, menggelar ikrar deklarasi mendukung penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai dan bermartabat.

Deklarasi digelar di padepokan IKS PI Kera Sakti Pusat Madiun, Jalan Letjend Sutoyo, Buduran, Wonoasri, Kabupaten Madiun ini dihadiri puluhan ketua perwakilan cabang IKS PI Kera Sakti.

Ketua Umum, Perguruan IKS PI Kera Sakti Pusat Madiun, Bambang Sunaryo, menuturkan, saat ini banyak sekali berita hoax dan radikalisme di media sosial, yang muaranya bertujuan untuk memecah belah bangsa. Oleh sebab itu, menjelang Pileg dan Pilpres 2019, IKS PI Kera Sakti merasa ikut bertanggungjawab untuk menjaga keutuhan dan kondusifitas bangsa.

"Kami keluarga besar IKS PI Kera Sakti berikrar, setia kepada pancasila dan UUD 45, siap menjaga serta mempertahankan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia," katanya Bambang, saat membacakan ikrar, Sabtu (30/9/2018).

Ia menuturkan, IKS PI Kera Sakti siap membantu menciptakan keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat. Perguruan silat yang berpusat di Madiun ini juga menyatakan netral dan tidak berafiliasi kepada partai politik atupun kelompok tertentu.

"Kami berkomitmen untuk membantu TNI, dan Polri menjaga stabilitas, kondusifitas, dan keamanan Indonesia, terutama menjelang pileg dan pilpres," katanya.

Bambang mengatakan, hingga saat ini belum ada parpol atau tim pemenangan capres yang berusaha merapat untuk meminta dukungan. Akan tetapi, apabila kelak ada, maka pihaknya akan tetap menyatakan netral dan tidak akan menginstruksikan kepada anggota IKS PI Kera Sakti untuk memilih parpol atau capres tertentu.

"Kami tetap akan berposisi netral, tidak akan berpihak kepada partai politik tertentu atau capres tertentu, kalau terpaksa mereka ke padepokan, kami sifatnya hanya akan memberikan doa restu, tetapi kami tidak akan mengarahkan anggota kita untuk memilih salah satu parpol atau capres tertentu," imbuhnya. 

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved