Berita Surabaya

Khofifah: Harus Ada SOP Hukuman untuk Guru Yang Lakukan Kekerasan di Sekolah

Khofifah Indar Parawansa turut menanggapi adanya kasus kekerasan ada siswa yang terjadi di SMKN 1 Surabaya

Khofifah: Harus Ada SOP Hukuman untuk Guru Yang Lakukan Kekerasan di Sekolah
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa turut menanggapi adanya kasus kekerasan ada siswa yang terjadi di SMKN 1 Surabaya.

Dalam wawancara di Surabaya Suites Surabaya, Sabtu (29/9/2018) siang, wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini menegaskan bahwa harus ada aturan hukuman atau sanksi bagi guru maupun kepala sekolah yang lakukan kekerasan pada siswanya di sekolah.

"Karena ini kejadiannya di sekolah, maka tanggung jawab ada pada sekolah baik guru, wakil kepala sekolah maupun kepala sekolah," kata Khofifah.

Menurutnya, selama ini kejadian kekerasan fisik pada anak kerap kali muncul. Alasannya karena tidak ada sistem punishment atau hukuman kepada kepala sekolah maupun guru yang melakukan kekerasan pada anak.

Sehingga kejadian kekerasan pada anak di sekolah dianggap masih bisa ditolerir untuk terjadi lagi dan lagi. Oleh karenanya ia menegaskan bahwa ke depan harus ada sanksi tegas.

"Harus ada SOP untuk memberikan punishment bagi guru maupun kepala sekolah, sehingga tempat belajar adalah tempat yang menyenangkan," imbuh mantan Menteri Sosial kabinet Presiden Joko Widodo ini.

Tentunya, Khofifah melanjutkan, tetap akan ada asas praduga tidak bersalah. Namun tanggung jawab untuk melindungi anak-anak selama dalam proses belajar di sekolah tetap ada di tangan sekolah.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya sejumlah siswa di SMKN 1 Surabaya mengeluhkan adanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh kepala sekolah. Siswa tersebut bahkan ditampar lantaran dianggap melakukan kesalahan saat ujian.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved