Citizen Reporter

Cara Mudah Menulis di Media Massa

Menulis di media massa bukanlah hal yang mudah, tetapi siapa pun yang mau berlatih pasti bisa menjadi penulis di media massa.

Cara Mudah Menulis di Media Massa
SURYA.co.id/Citizen Reporter
Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Riset Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk membuat workshop kepenulisan yang bertajuk Bagaimana Membuat Tulisan Tembus di Media Massa dan Lolos Perlombaan, Sabtu (22/9/2018). 

SURYA.co.id | MADURA - Menulis di media massa bukanlah hal yang mudah, tetapi siapa pun yang mau berlatih pasti bisa menjadi penulis di media massa.

Itu yang kemudian mendasari Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Riset Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk membuat workshop kepenulisan yang bertajuk Bagaimana Membuat Tulisan Tembus di Media Massa dan Lolos Perlombaan, Sabtu (22/9/2018).

Acara workshop di Gedung RKB – D UTM digelar dengan dua sesi.

Sesi pertama menjelaskan langkah-langkah membuat tulisan opini di media massa yang disampaikan Medhy Aginta Hidayat, dosen Sosiologi dan penulis media massa UTM.

Menurutnya, sebelum membuat tulisan opini di media massa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya yaitu aktualitas.

Itu dilakukan dengan mencari topik-topik yang sedang hangat atau terjadi di masyarakat (up to date).

Selain itu, dengan menjadi berbeda. Mungkin setiap orang akan menulis topik yang sama.

Namun bagaimana caranya membuat tulisan itu berbeda, yaitu dengan cara membuat sudut pandang yang lain sesuai dengan bidang keilmuan.

Berikutnya yaitu menjadi spesialis dari topik yang dibahas, yaitu menulis topik-topik yang dikuasai.

Namun, menjadi seorang generalis pun tidak masalah asal benar-benar mengerti apa yang ditulis.

Halaman
12
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved