Berita Tuban

APBD 2019 Turun, Wabup Tuban Sebut Hal Ini Jadi Penyebabnya

penyusunan anggaran 2019, Dana Alokasi Khusus dan Dana dari pemprov Jatim apapun itu jenisnya tidak masuk APBD.

APBD 2019 Turun, Wabup Tuban Sebut Hal Ini Jadi Penyebabnya
surya/m sudarsono
DPRD Kabupaten Tuban melakukan paripurna bersama Eksekutif membahas Raperda tentang APBD Kabupaten Tuban TA 2019 

SURYA.co.id | TUBAN - APBD Kabupaten Tuban tahun anggaran 2019 diproyeksikan turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal itu disampaikan Wakil Bupati, Noor Nahar Hussein saat paripurna bersama anggota DPRD.

Menurutnya, pada penyusunan anggaran 2019, Dana Alokasi Khusus dan Dana dari pemprov Jatim apapun itu jenisnya tidak masuk APBD.

"Ya APBD 2019 proyeksinya turun dibandingkan tahun lalu," kata Noor Nahar saat akan meninggalkan gedung DPRD, Senin (24/9/2018).

Politisi PKB itu lebih lanjut menjelaskan, tidak masuknya DAK dan Dana dari Pemprov karena ada aturan dari Permendagri Nomor 38/2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2019.

Permendagri ini berpengaruh terhadap postur APBD Pemkab. Namun demikian, sebenarnya anggaran yang dikelola Pemkab justru lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Hanya saja, DAK dan Dana dari Pemprov tidak masuk.

"DAK dan bantuan dana dari Pemprov ada tempatnya sendiri, tidak masuk di APBD, tapi tetap ada pengelolaannya," terangnya.

Wakil Bupati Petahana itu pun mengungkapkan, jika di tahun anggaran 2018 APBD senilai 2, 2 Triliun, maka di tahun 2019 APBD senilai 1, 9 Triliun.

"Kalau prioritas APBD proyeksinya memang turun. Tapi kalau secara keseluruhan pengelolaan kita naik. Namun demikian ini belum diputuskan, karena akan ditanggapi oleh DPRD lebih dulu," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved