Berita Lumajang

Setelah Dilantik Jadi Bupati Lumajang, inilah yang Akan Langsung Dikebut Thoriqul Haq

Thoriqul Haq dan Indah Amperawati Masdar akan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lumajang. Setelah dilantik, ini yang akan mereka lakukan.

Setelah Dilantik Jadi Bupati Lumajang, inilah yang Akan Langsung Dikebut Thoriqul Haq
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang terpilih, Thoriqul Haq - Indah Amperawati 

SURYA.co.id | LUMAJANG - Thoriqul Haq dan Indah Amperawati Masdar akan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, Senin (24/9/2018).

Diwawancarai Surya.co.id,  Thoriq mengatakan bahwa setelah dilantik, ada tiga fokus yang mereka janjikan melalui visi dan misi saat berkampanye lalu.

"Daya saing, kemakmuran, dan jati diri," ujar Thoriq.

Thoriq membedah perihal daya saing ini. Ia menegaskan Kabupaten Lumajang merupakan kabupaten dengan segudang potensi, baik ekonomi, budaya, pariwisata, juga sumber daya alam. Tetapi di sisi lain, Lumajang dengan banyaknya potensi itu masih tertinggal dari sejumlah daerah lain di Jatim.

Daya saing pertama yang akan dibenahi Thoriq - Indah dalam memimpin Lumajang adalah daya saing ekonomi.

"Lumajang memiliki banyak komoditas, bicara tentang pertanian atau perkebunan. Semuanya ada. Saat ini yang bisa disebut jadi unggulan di Lumajang adalah kayu sengon," tuturnya.

Baca: Mengenal Thoriqul Haq dan Indah Amperawati, Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang

Kayu sengon merupakan tabungan pasif yang hasilnya berlipat-lipat saat masa panen sekitar lima tahun setelah ditanam. Karenanya sengon menjadi primadona. Ditambah, banyaknya perusahaan pengolah kayu sengon di Lumajang.

Perihal kayu sengon ini, kata Thoriq, Pemkab Lumajang harus hadir supaya ada tata niaga perdagangan.

"Ada tata niaga perdagangan, juga penataan produksi. Bagaimana harga sengon bisa terjaga, terkontrol sehingga petani atau masyarakat penanam sengon untung. Penataan ini juga untuk menjaga kontinyitas produksi," ujar Thoriq.

Kemudian ada optimalisasi jejaring untuk mendukung daya saing ini. Jejaring ini menyangkut dunia usaha. Dunia usaha ini, kata Thoriq, harus dihadirkan oleh Pemkab untuk bertemu dengan pelaku pertanian dan perkebunan Lumajang.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved