Berita Banyuwangi

Pemerintah AS Dukung Pengembangan Smart Kampung Banyuwangi

Anas mengatakan berbagai peluang kerja sama, seperti pariwisata, pendidkan, dan teknologi, sangat terbuka dan bermanfaat bagi Banyuwangi.

Pemerintah AS Dukung Pengembangan Smart Kampung Banyuwangi
surya/haorrahman
Konselor Regional Departemen Perdagangan Amerika Serikat di Singapura, Margareth Hanson Muse, ke Banyuwangi untuk melihat berbagai peluang pengembangan Smart Kampung, Jumat (21/9). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Konselor Regional Departemen Perdagangan Amerika Serikat di Singapura, Margareth Hanson Muse, datang langsung ke Banyuwangi, untuk melihat berbagai peluang pengembangan Smart Kampung, Jumat (21/9/2018).

Margareth Muse disambut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Di pendopo berusia lebih dari 200 tahun, Muse berbincang dan Anas membahas berbagai peluang program yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas desa melalui Smart Kampung.

Muse sangat mengapresiasi program Smart Kampung yang memanfaatkan teknologi komunikasi informasi (TIK) untuk meningkatkan kapasitas kawasan perdesaan. Pemerintah AS akan mendukung pengembangan Smart Kampung dengan berbagai program yang dibutuhkan Banyuwangi.

“Kami memiliki beragam sumber daya yang bisa dimanfaatkan Banyuwangi. Silakan daerah ini membuat prioritas kebutuhan yang diperlukan bagi pengembangan Smart Kampung tersebut dan kami akan memfasilitasinya,” kata Muse.

Salah satunya, kata dia, pihaknya bisa memfasilitasi pengembangan Smart Kampung dengan teknologi terkini yang dimiliki oleh perusahaan teknologi AS seperti IBM dam DELL.

Tidak hanya pengembangan teknologi, Muse juga menaruh perhatian pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai pelatihan. Misalnya pelatihan bahasa dan peningkatan kapasitas pelaku wisata bidang kuliner.

“Seperti di Kamboja, ada mitra kami mendirikan sekolah kuliner untuk mendukung pariwisata. Bisa berlaku juga di Banyuwangi apabila dibutuhkan,” ujarnya

Sebelumnya, Lembaga AS perwakilan Asia Jhon Wiley n Sons juga telah datang ke Banyuwangi untuk mendukung kelanjutan pengembangan program Smart Kampung.

“Kami juga menjembatani berbagai program Banyuwangi bersama John Wiley & Sons, dan memastikan Banyuwangi mendapatkan manfaat optimal,” ujarnya.

Bupati Azwar Anas berterima kasih atas dukungan tersebut. Ini menambah amunisi bagi Banyuwangi untuk percepatan kemajuan desa

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved