Berita Pendidikan Surabaya

Kompetisi Game Tingkat SMA Pertama di Indonesia: Nilai Matematika Peserta harus Bagus, ini Alasannya

Pertandingan game pertama digelar di Indonesia lewat eSports bertajuk High School League (HSL) 2018.

Kompetisi Game Tingkat SMA Pertama di Indonesia: Nilai Matematika Peserta harus Bagus, ini Alasannya
surya.co.id/ahmad zaimul haq
LIGA ESPORTS - Sejumlah siswa SMA mencoba bermain esports dalam road show High School League 2018 di hotel Santika Premiere Gubeng, Jumat (21/9/2018). Liga esports pertama untuk siswa SMA itu untuk mencetak atlet andalan dari dunia pendidikan dengan total hadiah Rp 1,2 miliar dalam bentuk basiswa. Babak kualifikasi akan digelar di 8 kota. Untuk di Jatim akan digelar di Malang dan Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pertandingan game pertama digelar di Indonesia lewat eSports bertajuk High School League (HSL) 2018. Liga eSports pertama yang khusus digelar untuk pelajar SMA ini bakal diramaikan 32 sekolah di 8 kota besar, termasuk Surabaya dan Malang.

Presiden HSL 2018, Stevanus menjelaskan, gaming tak semata-mata hanya untuk permainan belaka. Game juga bisa dikompetisikan secara profesional lewat eSports.

Adapun eSports adalah olahraga adu cepat dan cerdas dalam strategi, konsentrasi dan dukungan fisik prima lewat game.

“Untuk itu, kompetisi eSports ini lalu difokuskan pada pelajar, demi mencari bibit muda potensial yang diandalkan di kompetisi dunia,” tuturnya di sela-sela launching HSL 2018, Jumat (21/9/2018).

Dipilihnya pelajar SMA untuk ikut HSL ini karena pada usia sekian, mereka adalah remaja yang bisa berkembang potensi dan sudah terbentuk kedisiplinan untuk berkompetisi.

Ini berbeda dengan pelajar SMP yang kurang disiplin saat punya komitmen kompetisi.

“Tak hanya tingkat pelajar SMA saja yang dibidik untuk eSports ini, tak lama lagi liga game untuk mahasiswa akan dibuka,” terangnya.

Adapun dalam HSL 2018 ini, kompetisi akan diikuti 32 sekolah dari 8 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Bogor, Medan, Solo, Surabaya, Malang, dan Makassar.

Proses registrasi online digelar mulai 6 September hingga 12 Oktober nanti. Setelah itu, dimulai babak kualifikasi mulai 20 Oktober hingga 18 November di icafe yang ada di 8 kota itu.

Kemudian dari kualifikasi itu, dipilih empat tim terbaik untuk dibawa ke babak final di Jakarta pada 15-16 Desember 2018.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved