Gempa Lombok

Bantu Korban Gempa Lombok, PP Muhammadiyah Bangun 670 Rumah Sementara

PP Muhammadiyah membangun 670 rumah hunian sementara sebagai solusi untuk warga korban bencana di Lombok Utara yang rumahnya hancur.

Bantu Korban Gempa Lombok, PP Muhammadiyah Bangun 670 Rumah Sementara
Istimewa
Suasana anak-anak korban gempa Lombok antusias mengikuti lomba HUT Kemerdekaan RI ke-17 di tenda-tenda pengungsian gempa Lombok, NTB, Jumat (17/8/2018) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bantuan kepada masyarakat Lombok terus mengalir pasca bencana gempa yang terjadi pada bulan Agustus 2018 lalu.

Seperti yang dilakukan PP Muhammadiyah yang membangun 670 rumah hunian sementara (huntara) sebagai salah satu solusi untuk warga korban bencana di Lombok Utara yang rumahnya hancur.

“Ini yang sudah terbangun 399 unit. Target kami bisa tuntas tiga bulan ke depan sudah tuntas,” kata Sekretaris Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah Arif Nur Kholis, dalam pertemuan dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim di Jalan Kertomenanggal Surabaya, Selasa (18/9/2018) sore.

Rumah huntara tersebut berukuran 6 x 4 meter persegi dengan tinggi 2,5 meter dengan satu kamar tidur dan satu ruang keluarga.

Biaya pembangunan Huntara sendiri mencapai Rp 7,2 juta setiap rumah.

"Ini kita disediakan untuk tempat tinggal sementara sambil menunggu bantuan rumah permanen dari pemerintah," lanjut Arif.

Seperti diketahui, warga banyak yang tinggal di tenda-tenda pengungsian karena rumahnya hancur akibat gempa.

Ketua MDMC Jawa Timur, Rofii mengatakan, pembangunan huntara ini membutuhkan waktu sekitar lima jam per unitnya.

“Kami masih terus melakukan proses pembangunan hingga sekarang. Kami baru seminggu untuk membangun huntara di sana,” tegasnya.

Huntara ini lanjut Rofii memiliki sirkulasi yang bagus sehingga layak untuk dijadikan tempat tinggal pengungsi dan bisa bertahan dua sampai tiga tahun.

Halaman
12
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved