Sambang Kampung

Main ke Kampoeng Ilmu Surabaya Lagi Yuk

Di Surabaya ada kampoeng ilmu yang menawarkan banyak koleksi buku untuk para pecinta buku. Yuk main ke sana lagi...

Main ke Kampoeng Ilmu Surabaya Lagi Yuk
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Armuji, Ketua DPRD Kota Surabaya saat menyambangi Kampoeng Ilmu di Jl Semarang yang jadi rujukan pelajar dan mahasiswa di Surabaya dan sekitarnya untuk mencari buku murah. 

SURYAco.id | SURABAYA - Suasana begitu sejuk di lingkungan Kampoeng Ilmu, Jl Semarang, kota Surabaya, Senin (17/9/2018) siang.

Rumpun bambu dan banyak pohon besar lain menjadikan lokasi Kampoeng Ilmu ini terlihat rindang.

Puluhan kendaraan roda dua dan empat keluar masuk di kampung dengan luasan setengah hektare tersebut.

Kampung yang terkenal dengan banyaknya penjual buku murah ini setiap hari tidak pernah sepi pembeli.Saat ini ada 84 stan atau kios buku di Kampoeng Ilmu itu. Mereka menyediakan hingga 20.000 lebih koleksi dan judul buku.  

"Inilah Kampung ikonik unik yang dimiliki Kota Surabaya. Tidak saja banyaknya kios buku yang melayani warga, tapi juga ada kegiatan latihan tari dan bimbel gratis untuk anak-anak," ucap Ketua DPRD Surabaya Armuji yang penasaran dengan Kampoeng Ilmu, Senin siang.

Kampoeng Ilmu di Jl Semarang terkenal sejak  2008 lalu saat mereka dipindahkan dari tempat jualan mereka sebelumnya di tepi jalan dekat Stasiun Pasar Turi.

Oleh Pemkot Surabaya dicarikan tempat Tersentralisasi di Jl Semarang. Saat ini ada 84 pedagang buku yang membuka kios buku di Kampoeng Ilmu. Mereka menempati lahan seluas sekitar 1/4 hektare. Para pedagang buku melayani pembeli mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00.

Pantauan surya di kampung itu, banyak mahasiswa dan pelajar yang baru saja pulang dari kampus dan sekolah mampir ke Kampoeng Ilmu tersebut. Mereka senang karena hampir semua buku yang mereka cari ada.

Stan-stan atau kios buku itu berdiri mengelilingi lahan di dalam kampung penjual buku tersebut. Selain stan, lokasi Kampoeng Ilmu dilengkapi pendopo yang bisa digunakan untuk aktivitas penunjang lain.

Pengunjung bisa duduk santai di bangunan pendopo tersebut.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved