Berita Surabaya

Tanda Lahir dan Tato Hilang dengan Treatment Laser Pigmen

Laser pigmen bekerja efektif untuk menghilangkan flek hitam, tanda lahir (nevus otta), tahi lalat di semua bagian tubuh

Tanda Lahir dan Tato Hilang dengan Treatment Laser Pigmen
istimewa
Ilustrasi treatmen laser pigmen 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tanda lahir, tahi lalat, atau flek hitam di bagian tubuh yang terlihat, misalnya wajah, tangan, atau kaki, terkadang mengurangi rasa percaya diri. Tak jarang sebagian besar orang berusaha menutupinya dengan berbagai cara, misalnya menggunakan pakaian panjang, atau menggunakan foundation dan bedak tebal.

Namun ternyata, semua tanda lahir itu bisa hilang menggunakan treatment laser pigmen atau pulse day laser. Direktur Utama Surabaya Skin Center, Dr Ni Putu Susari Widianingsih SpKK FINSDV FAADV, mengatakan laser pigmen adalah laser yang menggunakan media Nd-Yag 1064 nm, Q-Switch Double Frequency.

Laser pigmen bekerja efektif untuk menghilangkan flek hitam, tanda lahir (nevus otta), tahi lalat yang tidak hanya muncul di wajah tetapi juga di bagian tubuh lainnya.

"Sebenarnya tanda lahir atau bekas tato lama-lama akan hilang sendiri atau pudar. Namun biasanya karena melanin atau tinta tato itu terlalu pekat, sehingga tubuh susah untuk menyerapnya. Nah laser ini berguna untuk memecah itu supaya berubah jadi partikel kecil dan mudah diserap tubuh," jelasnya, Sabtu (15/9).

Khusus untuk treatment tanda lahir, Widianingsih mengatakan terlebih dahulu sebelum tindakan akan dilakukan pemeriksaan.

Dokter spesialis kulit dan kelamin ini menjelaskan, tindakan baru dilakukan ketika pigmen bawaan tidak berubah ganas.

"Tunggu dia sedikit lebih dewasa dan sel-sel lebih matang, sambil melihat perkembangan atau observasi pigmen bawaannya (tanda lahir). Selain tanda lahir dan tato, melasma juga bisa dengan laser pigmen ini. Biasanya treatment dilakukan berulangkali secara rutin untuk hasil maksimal," tambahnya.

Berapa kali treatmen dilakukan, tergantung seberapa luas area kulit yang bermasalah.

Sama seperti treatmen laser yang lain, selama satu minggu sebelum dan sesudah tindakan sebaiknya menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved