Berita Bangkalan

Kemenpora Genjot Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Datangkan Sosok Ini

Tingginya minat wirausahawan muda saat ini dikarenakan tersedianya peluang dan infrastruktur.

Kemenpora Genjot Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Datangkan Sosok Ini
surya/ahmad faisol
Pengusaha muda Yossa Setiabudi memotivasi mahasiswa UTM dalam Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda di Kampus UTM, Kamis (13/9/2018) 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Upaya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menumbuhkan kembangkan minat wirausahawan baru di kalangan pemuda terus dilakukan.

Kali ini menyasar puluhan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Kamis (13/9/2018).

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Imam Gunawan mengungkapkan, program tersebut merupakan implementasi program menumbuhkan satu juta wirausaha baru pemerintahan Presiden Jokowi.

"Kami mendapatkan mandat menumbuhkan 4.000 minat wirausaha baru di kalangan pemuda," ungkap Imam di Lantai 10 Gedung Rektorat UTM.

Ia menjelaskan, pihaknya sempat terbelalak ketika data statistik menunjukkan penurunan minat berwirausaha di kalangan pemuda dari tahun ke tahun.

"Namun setelah melihat fenomena fakta di lapangan, kondisinya berbalik. Minat pemuda untuk berwirausaha sangat tinggi," jelasnya.

Ia mengatakan, tingginya minat wirausahawan muda saat ini dikarenakan tersedianya peluang dan infrastruktur. Seperti halnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Pemerintah juga merangkul wirausahawan pemula atau start up yang tidak disentuh pihak bank. Karena masuk kategori high risk dari segi permodalan," paparnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap wirausahawan muda pemula melalui dana hibah sebesar Rp 15 juta per orang tanpa mengembalikan modal.

"Pemerintah juga memberikan pendampingan dalam memperbaiki mindset bisnis dan meningkatkan skill bisnis para pemula," ujarnya.

Hingga saat ini, Kemenpora sudah menumbuhkan kembagkan minat wirausahawan pemula sebanyak 60 persen dari 4.000 pemuda yang ditargetkan.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi UTM, Faidol mengungkapkan, pihaknya telah concern di bidang inkubator bisnis sejak 2015.

"Setahun kemudian, UTM sudah berani mandiri dan bergabung dalam assosiasi inkubator bisnis berbasis teknologi," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kemenpora dan UTM menghadirkan pengusaha muda sukses, Yossa Setiabudi. Ia merupakan pemasok bawang premium 'Bawang Soy'.

Hingga saat ini, ia memasok bawang premium itu ke 18 hotel, 23 kafe, dan ratusan pengelola katering di Indonesia.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved