Berita Pendidikan Surabaya

Wow, Bocah SD ini Borong Juara Robot Dunia, Osa Menjadi yang Terbaik di IISRO 2018 di Malaysia   

Hernawan Santosa atau yang biasa disapa Osa menjuarai lomba robot dunia di Kuala Lumpur Malaysia.

Wow, Bocah SD ini Borong Juara Robot Dunia, Osa Menjadi yang Terbaik di IISRO 2018 di Malaysia    
foto:surya.co.id/nuraini faiq
Hernawan Santosa alias Osa menyabet juara di ajang lomba robot se-Asia Tenggara di Kuala Lumpur Malaysia. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hernawan Santosa atau yang biasa disapa Osa menjuarai lomba robot dunia di Kuala Lumpur Malaysia. Osa baru saja tiba di Surabaya dengan memborong tiga medali emas di masing-masing kategori. 

Dengan bekal kemampuannya memprogram robot sendiri, Osa mampu menjadi yang terbaik dalam ajang International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) yang digelar 7-9 September 2018. Dia menyabet tiga juara sekaligus di tiga lomba yang dipertandingkan. 

Osa yang terus mendapat dukungan langsung ibunya, Nani Fitrini, Osa tampil sebagai Juara 1 Sumo Junior, yakni lomba robot dalam adu kekuatan robot. 

Kemudian di nomor lain yakni drone racing junior atau adu cepat robot karya setiap siswa, Osa juga juara pertama.  

Begitu juga di nomor gathering junior yang mengangkat beban sesuai misinya, anak seorang pilot ini  menjadi yang terbaik. 

 Siswa kelas VI SD Al Falah Surabaya ini menyingkirkan puluhan peserta dari seluruh siswa sekolah Islam dari Asia Tenggara. Mula tuan rumah Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, dan peserta dari negara Asia Tenggara lainnya. 

 "Setiap nomor ada 20 peserta. Untuk nomor drone racing saya optimistis juara karena di event nasional Osa selalu juara. Alhamdulilah bisa sabet tiga emas," ucap Nani. 

Dalam nomor drone racing itu memang diakui kemahiran Osa.  Yakni kecakapan robot menjalankan drone racing, mencari robot paling cepat saat melewati beberapa lintasan dan rintangan.  

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved