Berita Pendidikan Surabaya

Wali Murid dan Guru SDN Kapasari 8 Surabaya Mengaku Senang Panen Kangkung dari Hidroponik Sekolah 

Puluhan wali murid, siswa dan guru di SDN Kapasari 8 Surabaya senang bisa menikmati panen sayur kangkung dari pengembangan hidroponik di sekolahnya.

Wali Murid dan Guru  SDN Kapasari 8 Surabaya Mengaku Senang Panen Kangkung dari Hidroponik Sekolah 
SURYAOnline/nuraini faiq
PANEN - Wali murid, para guru, dan siswa panen kangkung di SDN Kapasari VIII Surabaya, Selasa (4/9/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Puluhan wali murid, siswa dan guru di SDN Kapasari 8 Surabaya senang bisa menikmati panen sayur kangkung dari pengembangan hidroponik di sekolahnya, Selasa (4/9/2018). Mereka bisa memanen kangkung segar. 

Tidak hanya itu, mereka juga merasa puas karena hasil panenan itu juga langsung ludes dijual siswa. "Pantas kangkungnya ayu-ayu dan segar sehingga laris," reaksi Kepala SDN 8 Kapasari Rini Winarsih yang tergoda membeli sayuran dari hidroponik itu.

Selain Kasek Eni, Koordinator Tim Hidroponik Sekokah Kademasa (Kapasari Delapan Surabaya), Eny Murtiningtyas dan Presiden Tunas Hijau Moh Zamroni ikut memanen. Siswa yang selama ini merawat dan menjaga hidroponik itu juga senang bisa memanen hasil tanamnya. 

Ikut memanen hasil tanam secara hidroponik itu sebanyak 35 wali murid. Mereka selama ini yang mendukung anaknya menekuni hidroponik. "Kangkung ini dipanen setelah 34 hari," kata Koordinator THS Eny.

Saat ini ada setidaknya 75 lubang hidroponik yang dikembangkan di SDN Kapasari 8. Lubang hidroponik dengan sistem tanam dan asupan gizi tanaman yang tepat bisa menghasilkan panen yang segar. Siswa yang menjual hasil panen kangkung mendapatkan Rp 335.000.

Hasil panen itu untuk kepentingan sekolah kembali. Hasil itu akan digunakan kembali untuk membeli keperluan hidroponik kembali. Yakni pupuk, benih, dan netpot untuk pengembangan kembali. 

Siswa-siswi SDN Kapasari 8 Surabaya diajak mencintai lingkungan sejak dini dengan cara menggalakkan tanaman hidroponik di sekolah. Mereka diajak menanam benih, memindah persemaian sawi dan kangkung ke dalam media hidroponik hingga memanen. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved