Berita Pendidikan Surabaya

Gaji Guru Sekolah Swasta di Surabaya akan Setara UMK, Yayasan Diminta Terbuka soal ini

"Tekad Bu Wali Kota, semua guru gajinya harus UMK. Gaji tenaga kebersihan Surabaya saja sudah UMK, maka guru juga harus UMK," kata Eri Cahyadi.

Gaji Guru Sekolah Swasta di Surabaya akan Setara UMK, Yayasan Diminta Terbuka soal ini
surya/fatimatuz zahro
Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) jenjang SMP Swasta Surabaya merespons rencana Pemkot yang akan menggelontor dana APBD jasa pelayanan pendidikan (jaspel) untuk meningkatkan gaji guru swasta. Gaju guru sekolah swasta tersebut nanitnya disesuikan dengan upah minmum kota (UMK) Surabaya.

Pasalnya, rencana tersebut sangat direspons positif oleh yayasan dan sekolah swasta yang selama ini tak mampu memberi gaji layak kepada tenaga pendidiknya.

Sebagaimana disampaikan Ketua MKKS SMP Swasta wilayah Timur Erwin Darmogo, selama ini yayasan tidak memiliki patokan baku dalam memberikan gaji maupun insentif guru.

"Tidak semua UMK, banyak yang masih bergaji Rp 150 ribu, bergantung kemampuan yayasan dan sekolah. Yang sudah UMK juga ada tapi tidak banyak," kata Erwin, yang diwawancara Surya.co.id usai hearing di DPRD Surabaya, Senin (3/9/2018).

Oleh sebab itu, jika guru swasta diberi peningkatan gaji dengan bersumber dari dana jaspel maka nenurutnya adalah iktikad baik Pemkot dalam memperhatikan kesejahteraan guru.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dana jaspel yang diberikan menggantikan Bopda sejak 2016, biasanya untuk operasional sekolah.

Setiap sekolah mendapatkan anggaran berdasarkan jumlah siswa. Dengan hitungan per siswa mendapatkan alokasi dana Rp 80.500 per bulannya.

"Ya ada yang digunakan untuk gaji, untuk operasional sekolah, dan pembiayaan lain. Namun jarang yang bisa memberikan sampai UMK," katanya.

Ia berharap akan ada sosialisasi yang detail dan jelas tentang petunjuk teknis bisa menggunakan dan jaspel untuk menggaji UMK para guru di sekolah swasta.

Jikalau diwajibkan memberikan detail rancangan anggaran belanja (RAB) sekolah menurutnya sekolah tidak akan keberatan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved