Takdirnya Menjadi Pengajar, Fitri Rofiyarti Ingin Buat Kamus Visual Prancis - Indonesia

Fitri Rofiyarti terobsesi untuk membuat kamus visual Bahasa Prancis-Indonesia, sebuah cita-cita yang belum dilirik orang banyak.

Takdirnya Menjadi Pengajar, Fitri Rofiyarti Ingin Buat Kamus Visual Prancis - Indonesia
SURYA.co.id/Sugiharto
Fitri Rofiyarti 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dunia sastra dan bahasa sepertinya sudah menjadi takdir dan jalan hidup Fitri Rofiyarti.

Perempuan yang menjadi dosen di dua perguruan tinggi ini cukup piawai pada bidang Sastra Prancis. Dia pun terobsesi untuk membuat kamus visual Bahasa Prancis-Indonesia, sebuah cita-cita yang belum dilirik orang banyak.

Perempuan yang lahir di Sidoarjo pada 29 Januari 1992 ini bercerita, dunia sastra dan bahasa yang disukainya ini memang tak pernah disangkanya. Sejak kecil, Fitri adalah anak yang pemalu dan pendiam. Karakternya ini yang membuat Fitri kecil tak terlalu banyak punya teman di sekolahnya.

“Saya dulu memang tak banyak bicara dan pemalu. Namun saya lebih banyak suka membaca buku dan rajin,” ujarnya, Sabtu (1/9/2018).

Hanya saja, kekurangan pada komunikasi verbal itu malah memunculkan potensi lain, yakni pada dunia sastra dan bahasa.

Diam-diam, dia suka menulis cerpen dan mengutarakan ide lewat tulisan. Potensinya mulai terlihat, dimana saat masih duduk di SMPN 1 Buduran, dia mampu meraih peringkat tiga dalam lomba menulis esai tingkat nasional yang diadakan Kemendikbud.

Kemampuannya pada dunia sastra dan bahasa makin berkembang ketika duduk di bangku SMAN 3 Sidoarjo, di mana Fitri menjadi editor Majalah Masis.

“Saya memang suka menulis dan belajar bahasa,” terang bungsu dari tiga bersaudara ini.

Bakat yang dimilikinya itu makin terasah ketika Fitri memilih kuliah Bahasa dan Sastra Prancis di Universitas Brawijaya.

Dipilihnya bahasa Prancis tak lepas dari pengguna bahasa ini  yang banyak, sehingga menjadi bahasa international dan bahasa resmi PBB.

Halaman
123
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved