Sekolah Gratis

Dindik Jatim Siap Laksanakan Pendidikan Gratis SMA/SMK, Dua Opsi ini Diusulkan untuk Program Tistas

Besarnya biaya pendidikan jenjang SMA/SMK mulai dikeluhkan masyarakat sejak diambil alih pengelolaannya oleh Pemprov Jatim.

Dindik Jatim Siap Laksanakan Pendidikan Gratis SMA/SMK, Dua Opsi ini Diusulkan untuk Program Tistas
surabaya.tribunnews.com/Sulvi Sofiana
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Saiful Rachman 

SURYA.co.id | SURABAYA - Besarnya biaya pendidikan jenjang SMA/SMK mulai dikeluhkan masyarakat sejak diambil alih pengelolaannya oleh Pemprov  Jatim.

Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa menjawab keluhan masyarakat dengan konsep pendidikan gratis tuntas (Tistas).

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Saiful Rachman menegaskan, pihaknya akan siap melaksanakan program pendidikan tistas sebagamana dijanji Gubernur Jatim terpilih.

Bahkan, pihaknya telah membuat opsi skema pendidikan gratis yang memungkinkan untuk dilakukan. Opsi tersebut, antara lain, memberikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) dengan menggunakan APBD Jatim.

“Jadi selain ada BOS nasional juga ada Bosda. Tapi kemungkinan skema ini akan berat karena kebutuhan anggarannya akan lebih besar,” tutur Saiful kepada SURYA.co.id, Kamis (30/8/2018).

Sedang opsi kedua ialah pemberian subsidi SPP dengan nominal mengacu pada SE Gubernur terkait besaran SPP di SMA/SMK Jatim.

Dengan skema ini, Saiful mengaku butuh alokasi anggaran mencapai sekitar Rp 2 triliun untuk merealisasikan pendidikan gratis.

“Prinsipnya kami siap melaksanakan pendidikan gratis tersebut. Bantuan akan diberikan kepada seluruh sekolah baik negeri maupun swasta. Meski tidak semua sekolah swasta pasti akan menerima,” pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved