Citizen Reporter

Festival Takbir 1001 Malam

Berbagai bentuk dekorasi mereka tunjukkan, mulai dari mobil, sepeda, becak, tandu, gerobak dipoles sedemikian rupa.

Festival Takbir 1001 Malam
ist

Ratusan warga KecamatanTajinan, Kabupaten Malang, tumpah ruah di sepanjang jalan raya untuk menyaksikan festival takbir keliling. Selasa (21/8/2018). Kegiatan yang diadakan Remaja Masjid Nur Ismail Tajinan itu dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Adha.

Pesertanya lebih dari 1.000 dari dari berbagai kecamatan. Dalam festival itu terdapat dua kategori, yakni kategori TPQ untuk usia anak-anak dan remaja, serta kategori umum untuk usia dewasa. Dari masing-masing kategori akan dipilih juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3.

Agus, koordinator lapangan menuturkan, kegiatan itu telah menjadi agenda tahunan. “Festival ini bertujuan agar seluruh warga dapat berkumpul bersama dalam takbiran,” tutur Agus.

Festival takbir kali ini mengusung tema 1001 malam. Para peserta berlomba untuk menampilkan yang terbaik. Berbagai bentuk dekorasi mereka tunjukkan, mulai dari mobil, sepeda, becak, tandu, gerobak dipoles sedemikian rupa.

Ada yang berbentuk istana, masjid, rumah, dan lainnya. Semua dihiasi dengan lampu dan ornamen-ornamen indah yang beraneka sehingga tampak gemerlap dan elegan di tengah gelapnya malam.

Gema takbir membahana. Berbagai perlengkapan dibawa untuk mengiringi lantunan takbir. Ada yang menggunakan rebana, beduk, hingga sound system.

Dzukron, salah seorang penonton yang turut menyaksikan festival mengatakan, ia datang bersama istri dan kedua anaknya. Ini kali ketiganya ia bersama keluarga menyaksikan festival itu.

“Kami sangat antusias. Kegiatan ini dapat mengedukasi seluruh warga agar senantiasa cinta dan bersemangat mengagungkan kalimatullah di mana pun hingga kapan pun," ungkapnya.

Hal itu juga dijelaskan Arfi, yang juga datang bersama keluarganya. Dia berharap, tahun depan lebih banyak peserta yang mengikuti festival itu agar lebih meriah.

Afkhoriyatul Hilmi
Mahasiswa Sastra Arab
Universitas Negeri Malang
Santri Ponpes An-nuriyah Malang
afkhoriyatuhilmi@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved