Berita TNI AL

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Lantik 247 Perwira Muda untuk Disebar

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melantik dan mengambil sumpah 247 perwira baru.

surya/nuraini faiq
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melantik ratusan perwira di Kodiklatal Surabaya, Jumat (24/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melantik dan mengambil sumpah 247 perwira baru lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan Laut di Kodiklatal Surabaya, Jumat (24/8/2018). Pelantikan perwira ini merupakan angkatan ke-47.

Upacara pelantikan berlangsung secara militer Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Surabaya.

"Mereka harus memperkuat seluruh satuan di TNI AL," kata Kasal Laksamana Siwi Adji .

Para perwira muda itu selanjutnya akan ditempatkan di jajaran TNI AL di seluruh wilayah Indonesia. Mulai di satuan kapal maupun pangkalan-pangkalan. Siwi menyebut agar pengalaman bertambah dan variatif.

"Semua perwira baru ini harus bisa menjawab tantangan era. Tantangan kita adalah sebagai poros maritim dunia," imbuh Siwi.

Dari ratusan perwira muda baru itu, 21 di antaranya adalah anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal). Sebelum menjadi perwira, mereka telah menuntaskan studi dam seleksi.

Mereka telah digembleng di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal di Juanda.

Mereka tiga bulan menempuh pendidikan pembentukan (Diktuk) selama tiga bulan. Selesai Diktuk, mereka melanjutkan pendidikan kejuruan selama delapan bulan di pusat pendidikan sesuai dengan korps masing-masing.

Usai resmi dilantik, ratusan perwira baru itu mengekspresikan kegembiraannya dengan melempar topi kebesaran TNI AL bersama-sama. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved