Citizen Reporter

Duta Sekolah Ini Memakai Busana dari Barang Bekas

Pemilihan duta sekolah di tempat ini bukan hanya dinilai dari bobot aktivitas di sekolah, melainkan juga kepopulerannya di media sosial.

Duta Sekolah Ini Memakai Busana dari Barang Bekas
ist

Tidak semua barang bekas itu tak berguna. Siswa SMA Muhammadiyah 6 (SMAM6) Ponpes Karangasem, Paciran, Lamongan mampu memanfaatkan barang-barang bekas dari gelas mineral hingga kertas koran didaur ulang menjadi busana yang menarik.

Acara dengan tema fashion week in school (16/8/2018) ini dilakukan untuk memperingati Dirgahayu Republik Indonesia yang diadakan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMAM6.

Para siswa SMAM6 sekaligus memeragakan busana itu sebagai ajang pemilihan Duta SMA. Busana yang dirancang harus bisa dikenakan.

Ilmna, Duta SMA tahun lalu menyatakan, Duta SMA bertugas mewakili setiap ada acara yang digelar berhubungan dengan pihak luar.

“Duta yang dipilih pun beraneka. Ada Duta SMA, Duta Lingkungan, Duta Sosmed, dan Duta Favorit. Semua dipilih berdasarkan banyaknya like di akun Instagram SMAM6 yaitu IPMSMAM6,” katanya.

Kriteria itu, menurut Ayu Victoria yang menjadi Sekretaris Bidang Kewirausahaan IPM, sekaligus untuk melihat bobot aktivitas peserta dan kepopulerannya di medsos. Akhirnya yang terpilih menjadi Duta SMAM6 adalah Siti Ulul Azmi Al Ani dari kelas X.

Terpilihnya Siti bukan hanya dari menariknya penampilan. Ia juga dinilai cakap berkomunikasi sehingga mampu membawa diri sebagai wakil SMA di even yang berhubungan dengan luar sekolah.

Tsaniyah, yang merupakan Kabid Kewirausahaan IPM SMA menambahkan, acara itu sekaligus untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam menggunakan idenya menjadi sesuatu yang bernilai. Pada akhirnya nanti menumbuhkan mental kewirausahaan siswa.

Acara itu sudah berjalan dua tahun. Tahun ini pesertanya meningkat. Seperti tahun lalu, tiap kelas memilih wakilnya untuk memeragakan busana rancangannya sebagai perwakilan kelas untuk menjadi Duta SMA.

Itu menjadi bukti, dengan kreativitas semua bisa menjadi bernilai meski itu barang bekas. Para siswa SMAM6 Ponpes Karangasem itu telah membuktikannya.

Agus Buchori
Guru Seni dan Budaya SMAM6
Ponpes Karangasem Paciran Lamongan
agusbuchori@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved