Citizen Reporter

Ini Rasanya Menjadi Petugas Upacara di Negeri Orang

Menjadi petugas upacara tidak mudah. Deg-degannya hingga upacara usai meski sudah berlatih lama.

Ini Rasanya Menjadi Petugas Upacara di Negeri Orang
ist

Menjadi petugas upacara tidak mudah. Mereka harus terus berlatih agar dapat menyelesaikan tugas dengan sempurna.

Salah satu tugas yang berat adalah menjadi pengibar bendera. Kekompakan dan kecermatan menjadi salah satu kunci. Semua perhatian selalu tertuju pada bendera dan petugasnya.

Itu juga yang dialami mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang menjalani PPL/KKN di Thailand. Tri Efi, Aulia Nadia, dan Lilia Rizka menjadi pengibar bendera. Mereka mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Konsulat RI di Songkhla, Thailand.

Persiapan sudah dilakukan Kamis (16/8/2018). Semua petugas berlatih pukul 16.00. Bukan haya mereka yang datang, warga Indonesia dari berbagai kota di Thailand berbondong-bondong datang. Mereka ingin ikut menyiapkan upacara esok hari.

Beberapa kali latihan telah dilakukan petugas upacara, terutama untuk pengibar bendera, pemimpin upacara, dan dirigen. Latihan dilaksanakan setiap Sabtu selama Juli. Saat gladi bersih upacara bendera, semua sudah siap berkat latihan yang cukup panjang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, petugas upacara bendera mayoritas adalah mahasiswa. Meski Jumat (17/8/2018) adalah hari efektif mengajar dan bekerja, masyarakat menyempatkan diri untuk mengikuti upacara bendera di Konsulat RI.

Melihat semangat mereka, para petugas ikut bersemangat. Semua petugas berusaha menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan latihan yang dijalani selama ini.

Ketika akhirnya upacara bendera selesai, semua senang dan bersyukur. Upacara berlangsung lancar. Para petugas upacara ikut senang karena bisa menunaikan tugas penting.

Setelah upacara dilanjutkan dengan tasyakuran potong tumpeng oleh Samsu Rizal, Acting Konsul RI Songkhla. Seperti acara 17-an di Indonesia, aneka perlombaan diadakan. Bentuk lombanya sederhana, yang penting dapat mengakrabkan semua yang hadir.

Berada jauh dari negeri tercinta ketika peringatan kemerdekaan Indonesia kadang-kadang membuat orang menjadi rindu suasana meriah 17-an. Di Thailand, meski dalam porsi lebih sederhana, kemeriahan tetap dapat dirasakan.

Aulia Nadia Sari
Mahasiswa UM yang sedang PPL dan KKN di Thaliand
aulianadiasari@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved