Idul Adha 1439 H

Apa Hukumnya Menyembelih Hewan Kurban Sebelum Salat Ied? Begini Penjelasannya

Dikutip dari terjemahan Kitab Hadist Shahih Bukhari no 5130, hewan tersebut dihukumi sebagai daging biasa bukan daging kurban.

foto: tribunstyle.com
Foto ilustrasi: Penyembelihan hewan kurban. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Suasana Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah mulai terasa. Di berbagai belahan Indonesia suara takbir menyambut Hari Raya Kurban pun  terdengar sejak sore, Selasa (21/8/2018).

Sebagaimana namanya Hari Raya Kurban, diperingati tiap tahun tepatnya pada 10 Dzulhijjah mengenang kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail yang menjalankan perintah Allah.

Kemudian dilanjutkan dengan peringatan Hari Raya Kurban dengan mengorbankan hewan ternak untuk disembelih dan diberikan kepada orang-orang membutuhkan.

Namun, bagaimana hukumnya jika menyembelih hewan kurban sebelum salat Ied (Idul Adha)? 

Seperti dikutip dari terjemahan Kitab Hadist Shahih Bukhari no 5130, hewan tersebut dihukumi sebagai daging biasa bukan daging kurban.

"Telah diceritakan kepada kami Musaddad telah manceritakan kepada kami Khalid bin Abdullah telah menceritakan kepada kami Muytharif dan ‘Amir dan AI Barra‘ bin 'Azib radllallahu 'anhu dia berkata; Pamanku yaitu Abu Burdah pernah menyembelih binatang kurban sebelum shalat (led).

Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepadanya ‘Kambingmu hanya berupa daging biasa (bukan daging kurban) Lantas pamanku berkata; ‘Ya Rasulullah, sesungguhnya aku hanya memiliki seekor jad'ah (anak kambing yang berusia dua tahun)" Beliau bersabda "Berkurbanlah dengan kambing tersebut. Namun hal Itu tidak sah untuk selain kamu."

Kemudian beliau melanjutkan sabdanya. 'Barang siapa berkurban sebelum shalat (ldul Adha), dia hanya menyembelih untuk dirinya sendiri. Dan barang siapa menyembelih setelah shalat (Idul Adha). Maka sempurnalah Ibadahnya dan dia telah melaksanakan sunnah kaum Muslimin dengan tepat ".

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved