Breaking News:

Gubernur Jatim Terpilih

321 Lahan Pertanian Jatim Krisis Air, Khofifah Ajak HKTI Petakan Kebutuhan Embung dan Sumur

Khofifah mengajak HKTI untuk bekerja sama memetakan kebutuhan embung di sawah-sawah Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Parmin
surya/fatimatuz zahro
Khofifah Indar Paawansa menghadiri Rembuk Tani dan Halal bi Halal HKTI Jawa Timur di UINSA, Minggu (19/8/2018). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa mengajak Himpunan Keluarga Tani Indonesia (HKTI) Jawa Timur untuk bersama-sama mengatasi sejumlah permasalahan pertanian di Jawa Timur, terutama masalah kebutuhan air di lahan pertanian.

Khofifah mengajak HKTI untuk bekerja sama memetakan kebutuhan embung di sawah-sawah Jawa Timur.

Pasalnya Khofifah membutuhkan data pemetaan ini untuk membuat embung agar bisa mengairi sawah, dan bisa menjaga agar sawah tidak tergenang saat musim hujan.

Sebab saat ini, hampir tiap tahun ribuan hektar sawah tergenang air saat musim hujan terutama di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo.

"Saat ini saya butuh sebetulnya berapa jumlah embung yang dibutuhkan. Dan berapa luasannya. Mumpung sekarang sedang ada revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Jawa Timur," kata Khofifah saat hadir dalam acara Rembuk Tani dan Halal bi Halal HKTI Jawa Timur di UINSA, Minggu (19/8/2018).

Titik-titik yang membutuhkan embung dan tersedia lahannya bisa didata sehingga bisa segera dibangunkan embung.

HKTI, dikatakan Khofifah diharapkan bisa membuat komunikasi strategis dengan swasta atau juga dengan kabupaten kota. Terutama untuk mengomunikasikan adanya lahan untuk dibuat embung.

"Terlebih saat ini sudah ada contohnya, swasta yang menyumbangkan lahan untuk embung. Tepatnya di Sedayu, ada embung terluas di Jawa Timur, 40 hektar luasannya," kata Khofifah.

Embung itu penting fungsinya untuk menjawab kebutuhan air di sawah-sawah yang jauh dari sumber air.

Jika sudah terdata berapa kebutuhannya dan juga lahan yang tersedia maka pembangunan Embung untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Jawa Timur akan mudah terlaksana.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved