Citizen Reporter

Manja: Pijat dan Jamu untuk Kuda

Demi menjaga stamina, kuda diberi vitamin yaitu jamu handmade dari campuran telur ayam kampung, jahe, dan madu.

Manja: Pijat dan Jamu untuk Kuda
ist

Ada yang cukup menarik perhatian saat sedang bertandang ke kawasan wisata telaga Sarangan, Magetan. Telaga itu dikelola masyarakat setempat sebagai destinasi wisata lokal dan terletak tepat di kaki Gunung Lawu.

Beragam jajanan khas Magetan, deretan pertokoan dan penginapan serta tak ketinggalan pula kuda-kuda gagah milik penduduk setempat yang disewakan untuk berkeliling sekitar telaga sejak pukul 09.00 hingga 16.00. Harga untuk satu kali putaran mengelilingi telaga Sarangan dibanderol Rp 60.000, Selasa (31/7/2018).

Kudanya tampak begitu sehat, bersih, dan terawat. Di balik gagahnya kuda itu ternyata ada perawatan yang harus dilakukan sang pemilik agar hewan itu tetap sehat dan bisa membantu para pemilik kuda meraup rupiah.

Yoso (55), seorang lelaki berbadan tegap dan berkumis tebal yang sudah 15 tahun menekuni profesinya sebagai joki kuda sewaan mengaku melakukan treatment rutin untuk kuda andalannya. Perawatan yang sangat penting adalah pemeliharaan kebersihan kandang, pakan, dan vitamin.

Kebersihan kandang dijaga dengan cara membuang kotoran yang ada pada kandang secara berkala serta memandikan kuda dua hari sekali dengan air bersih dan sabun menggunakan sikat berbulu halus. Jenis sikatnya juga harus yang punya tangkai panjang untuk menghindari jarak yang terlalu dekat dengan kuda demi keselamatan pribadi agar tak terkena gerakan agresif dari kuda.

Dari segi nutrisi, hewan ruminansia itu harus diberi makan berupa rumput hijau. Dalam waktu satu hari, seekor kuda mampu menghabiskan 6 kg rumput hijau yang didapatkan dari hutan yang letaknya tak jauh dari telaga Sarangan.

Demi menjaga staminanya kuda juga perlu diberi vitamin yaitu jamu handmade dari campuran telur ayam kampung, jahe, dan madu yang diberikan satu minggu sekali. Treatment khusus lain yang tak kalah penting adalah melakukan pijat kuda sebulan sekali.

Pemijatan dilakukan orang yang memang ahli dalam memijat kuda. Sekali pijat durasinya sekitar 90 menit dan mematok tarif Rp 50.000. Hal ini penting untuk menghindarkan kuda dari masuk angin dan kembung.

Biaya perawatan kuda sewaan itu bisa dikatakan masih relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan penghasilan para joki kuda selama satu bulan. Meskipun hasil dari menyewakan kuda tidak menentu, tetapi di saat weekend dan libur hari besar upah yang didapat bisa berkali-kali lipat bahkan sampai menembus angka jutaan rupiah.

Imananda Arifanny
Mahasiswa Biologi
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
imananda.x6@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved