Berita Rilis

Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal&Transmigrasi; Dampingi Korban Gempa di Lombok NTB  

Posko Pengendali Penanganan Bencana oleh Pendamping Desa P3MD Kementerian Desa PDTT yang tersebar di titik-titik strategis

Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal&Transmigrasi; Dampingi Korban Gempa di Lombok NTB   
IST
Pendampingan dan pemberian bantuan terhadap korban bencana gempa bumi di Lombok, NTB 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bencana alam gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengakibatkan korban jiwa ratusan orang. Kemudian warga yang selamat dari musibah, dievakuasi di tenda-tenda pengungsi yang tersebar di empat Kabupaten, yakni Kabupaten Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Barat. 

Bantuan para korban berupa makanan, minuman dan obat-obatan terus berdatangan dari berbagai kalangan. Namun untuk membantu mereka, terutama menyangkut pemulihan trauma dan mengisi kejenuhan serta edukasi selama di tenda-tenda pengungsian,  maka dibutuhkan penanganan khusus.

Posko Pengendali Penanganan Bencana oleh Pendamping Desa P3MD Kementerian Desa PDTT yang tersebar di titik-titik strategis tersebut dirancang dengan alur yang sistematis dengan kegiatan khusus.

Direktur PMD, M. Fachri mengatakan, konsep penanganan khusus bagi korban gempa karena sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Pendamping desa.

"Pendamping Desa hadir untuk fasilitasi, koordinasi dan edukasi bagi warga terdampak gempa. Di posko-posko pengendali tersebut mereka lakukan berbagai kegiatan edukatif bagi masyarakat,” kata Fachri dalam rilis yang diterima Surya.co.id, Senin (13/08/2018).

Sedangkan, konsultan Nasional P3MD, Arwani, M. Labib dan Choiril Akbar yang melakukan monitoring dan evaluasi di Posko-posko tersebut memberikan arahan pada Tim Pendamping Desa baik terkait dengan sistem dan alur kerja hingga kegiatan di posko-posko.

Menurut Koordinator Tim, Tauhid Rifai, sistem pengorganisasian, alur kerja dan kegiatan selama di posko-posko telah terintegrasi dari pusat, Provinsi, Kabupaten hingga desa-desa yang melibatkan Tenaga Pendamping Profesional atau Pendamping Desa. 

Stuktur organisasi posko tersebut adalah: 

Koordinator :Tauhid 

Kesekretariatan : Rosmiyati

Halaman
12
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved