Berita Surabaya

Hasil Verifikasi Syarat Bacaleg - 23 Bacaleg Gugur, 2 Parpol Kosong di Empat Dapil

Dari total 1600 bacaleg yang telah melengkapi syarat calon, 23 bacaleg dinyatakan gugur. Bacaleg ini berasal dari 10 dari total 16 partai politik

Hasil Verifikasi Syarat Bacaleg - 23 Bacaleg Gugur, 2 Parpol Kosong di Empat Dapil
SURYAOnline/Bobby Constantine Koloway
Komisioner KPU Jatim, M Arbayanto ketika ditemui di KPU Jatim, Sabtu (11/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum KPU Jawa Timur telah menyelesaikan proses verifikasi syarat calon bakal Calon Legislatif bacaleg untuk DPRD Jatim.

Hasilnya, dari total 1600 bacaleg yang telah melengkapi syarat calon, 23 bacaleg dinyatakan gugur. Bacaleg ini berasal dari 10 dari total 16 partai politik.

Sedangkan 1577 bacaleg dinyatakan lolos dalam Daftar Caleg Sementara (DCS).

Berdasarkan penjelasan Komisioner KPU Jatim, M Arbayanto, para bacaleg yang gagal cenderung disebabkan masalah sama, seperti halnya saat melengkapi syarat calon lalu. Yakni, terkait surat keterangan dari pengadilan.

"Memang tidak sama. Namun, mayoritas karena masalah itu," kata Arba ketika ditemui di KPU Jatim, Sabtu (11/8/2018).

Dengan penambahan 23 bacaleg tersebut, maka untuk saat ini ada 93 bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dari 1670 calon yang didaftarkan oleh 16 partai politik di Jawa Timur.

Sebab, sebelumnya ada 70 bacaleg yang dinyatakan TMS terlebih dahulu karena tidak dapat melengkapi syarat calon.

Dari 93 bacaleg ini, bacaleg Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menjadi partai politik yang paling banyak TMS, yakni sejumlah 36 orang.

Kemudian disusul oleh Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan 20 bacaleg. Kemudian disusul partai baru, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dengan 8 bacaleg.

Arba mengatakan bahwa sebagai dampak dari tidak lolosnya para bacaleg ini membuat sejumlah parpol akhirnya gagal mencalonkan satupun caleg di empat dapil.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved