Berita Lamongan

Petani Besur Lamongan Sukses Budidayakan Beras Japonicum Koshihikari. Begini Kata Bupati

petani Desa Besur dipercaya menjadi penyuplai beras koshihikari bagi perusahaan tersebut.

Petani Besur Lamongan Sukses Budidayakan Beras Japonicum Koshihikari. Begini Kata Bupati
surya/hanif manshuri
Bupati Fadeli saat menghadiri Panen Tanaman Sehat padi Japonicum Koshihikari Desa Jugo Kecamatan Sekaran, Kamis (9/8/2018) 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Beras premium dari Jepang, japonicum koshihikari, rupanya sukses dibudidayakan oleh petani Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Lamongan. para petani bahkan membudidayakan beras koshihikari secara organik, tanpa zat kimia.

Japonicum Koshihikari adalah salah satu jenis beras dari Jepang yang sangat populer di Negara Sakura. Karakter berasnya yang manis dan lengket, sehingga menjadi pilihan favorit untuk membuat sushi.

Awalnya, ada perusahaan yang memberikan benih beras koshihikari untuk dicoba dibudidayakan petani Besur. Perusahaan ini melirik Besur karena dikenal sukses bercocok tanam secara organik.

Uji coba budidaya beras koshihikari ini rupanya sukses, sehingga kini petani Desa Besur dipercaya menjadi penyuplai beras koshihikari bagi perusahaan tersebut.

Bupati Fadeli saat menghadiri Panen Tanaman Sehat di Desa Jugo/Sekaran menyampaikan apresiasinya atas inovasi yang dilakukan petani.

Selain berasnya sehat, produktivitas yang tinggi sudah bisa dicapai dengan menggunakan varietas non hibrida.

“Ini sesuai dengan visi kami untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui Nilai Tukar Petani (NTP). Yakni dengan mengurangi biaya produksi dan menaikkan harga jual, “ ujar Fadeli.

Ke depan, dia menganjurkan agar dibuka pula lahan percontohan untuk varietas hibrida yang ditanam secara organik.

Dia juga mengarahkan agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa berperan lebih besar untuk peningkatan kesejahteraan petani.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved