Citizen Reporter

Ayo Berlari bersama Komunitas RGO Malang

Banyak orang Indonesia ingin menjadi lebih sehat dengan berolahraga, tetapi mereka kesulitan memulai aktivitas kalau tidak ada teman.

Ayo Berlari bersama Komunitas RGO Malang
ist

Kalau Anda pernah berjalan di Kota Malang sekitar pukul 05.00, mungkin Anda pernah melihat beberapa orang berlari bersama. Mereka adalah anggota RGO Malang, komunitas berlari di Kota Malang yang semakin terkenal belakangan ini.

RGO adalah singkatan dari Running Goals Oriented karena komunitas ini fokus untuk menyehatkan badan, mempercepat kemampuan berlari, dan memperluas jaringan pertemanan. Namun, komunitas ini tidak bersifat terlalu serius walaupun berfokus mencapai cita-cita dengan serius.

Anggota RGO selalu bersenang-senang ketika berlari bersama. Sudah tentu... kalau tidak menyenangkan, maka bagaimana mereka bisa bangun pada pukul 04.00 untuk keluar rumah dengan udara yang dingin sekali dan berkeringat sambil berolahraga?

Kira-kira ada 25 pelari yang berlari setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Mereka sudah memulai kegiatan itu sejak 2015 hingga saat reportase ini dilakukan, Selasa (7/8/2018).

Menurut Roy Wong, pendiri RGO, komunitas ini diciptakan oleh beberapa orang Malang tiga tahun yang lalu. Mereka mengakui pentingnya hidup sehat.

“Akhir-akhir ini, banyak orang Indonesia ingin menjadi lebih sehat dengan berolahraga, tetapi mereka kesulitan memulai aktivitas sendiri kalau tidak ada teman,” kata Roy.

Berlari sudah menjadi olahraga yang semakin populer di Indonesia. Fenomena itu muncul misalnya pada Car Free Day ketika banyak orang terlihat berlari di jalan bebas kendaraan. Sejak 2016, jumlah anggota RGO Malang semakin banyak dari awalnya yang hanya enam orang.

“Komunitas RGO terbuka untuk semua orang di Malang yang ingin berlari bersama. Rute biasanya berjarak 5 km sampai 10 km atau lebih,” kata Ayong, salah satu anggota RGO.

Anggota-anggota RGO bukan hanya atlet lari, melainkan juga masyarakat Kota Malang yang ingin hidup sehat. Beberapa orang yang ada di RGO juga bergabung dengan Komunitas Lari Malang Raya untuk menjadi panitia di acara berlari, contohnya Malang Marathon yang diadakan pada 29 Juli 2018. RGO juga membuat acara Dempo Heritage Run yang akan diadakan Sabtu (18/8/2018).

Gallant Zhuangli adalah salah satu anggota RGO yang berasal dari Amerika. Ia senang karena mendapat teman baru.

“Sebagai orang Amerika yang datang ke Kota Malang untuk belajar bahasa Indonesia, saya merasa benar-benar disambut sehingga saya bisa mendapatkan teman baru dan mereka juga selalu menyemangati saya setiap kali berlari,” kata Gallant.

Ayo hidup sehat bersama dan berlari dengan RGO. Pasti itu menyenangkan sekali!

Lauren Chow
Mahasiswa Program CLS Amerika
Universitas Negeri Malang
lauren.k.chow@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved