Citizen Reporter

Pemain Teater Ini Bidan dan Perangkat Desa

Teater bisa membantu meluruskan perilaku dan cara berpikir masyarakat yang masih memercayai mitos-mitos yang belum tentu baik untuk kesehatan.

Pemain Teater Ini Bidan dan Perangkat Desa
ist

Tidak hanya mengenai penyuluhan atau sosialisasi kesehatan yang biasa dilakukan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga, tetapi juga teater. Pentas dilakukan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) FKM di Balai Desa Brangkal, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro itu berjudul Lidah Mertua, Sabtu (4/8/2018).

Kisahnya tentang menantu yang hamil, namun terkena pre-eklamsi karena terlalu sering mengonsumsi ikan asin. Itu masih ditambah karena suaminya sering merokok di dalam rumah. Penderitaan bertambah ketika ibu mertua yang percaya mitos mengenai memakan sayuran hijau dapat menyebabkan darah tinggi dan jika memakan telur si jabang bayi bisa berbau amis saat lahir.

“Karena penyuluhan tentang rokok dan hipertensi sudah sering dilakukan dengan metode ceramah, kami membuat metode penyuluhan berupa teater,” ujar Yusuf, Ketua PKL Desa Brangkal.

Mereka mengambil cerita itu karena di Desa Brangkal pernah terjadi kasus ibu hamil meninggal karena pre-eklamsi. Dari cerita teater itu mereka ingin mencegah hal itu terjadi lagi dengan cara mengedukasi.

“Melalui teater, kami juga memberikan pengetahuan tentang BPJS yang memang harus dimiliki masyarakat,” tambahnya.

Teater yang mengajak sekretaris desa, bidan desa, dan kader kesehatan di Desa Brangkal itu menarik perhatian masyarakat. Mereka juga menampilkan pertunjukan dari murid SD dan MI setempat.

“Acara yang dilakukan ini cukup bagus karena bisa untuk membantu perilaku dan cara berpikir masyarakat yang masih memercayai mitos-mitos yang belum tentu baik untuk kesehatan. Dari teater ini masyarakat jadi lebih mudah mengerti. Informasi yang disampaikan mudah mengena karena berbeda dari yang pernah ada,” ungkap Siti Khoiriyah, Bidan Desa Brangkal.

Acara itu menjadi penutup PKL FKM di Desa Brangkal. Sebelumnya, mereka telah melaksanakan pembuatan buku panduan memasak MP-ASI bagi bayi 0 sampai 11 bulan, demo masak MP-ASI dan lomba masak MP-ASI, dan kajian Islam mengenai hipertensi pada ibu hamil.

Deviyanti Wahyu Izati
Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat
Universitas Airlangga Surabaya
deviyantiwahyu@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved