Kuliner Surabaya

Kuliner Surabaya - Mencoba Resep Sup Kikil dan Ayam Kecombrang Ala Ayola La Lisa Hotel

Rempah kecombrang dapat diolah menjadi menu yang sedap. Di antaranya sup kikil kuah kecombrang dan ayam kecombrang. Seperti apa resepnya?

Kuliner Surabaya - Mencoba Resep Sup Kikil dan Ayam Kecombrang Ala Ayola La Lisa Hotel
ist/hitabatak
Kecombrang 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kecombrang adalah sejenis rempah yang biasanya dipakai campuran bumbu penyedap. Namun di tangan chef Ayola La Lisa Surabaya, kecombrang mampu memberi citarasa berbeda pada dua menu unik, yakni Sup Kikil Kuah Kecombrang dan Ayam Kecombrang.

Food and Beverage Manager Ayola La Lisa  Hotel, M Arya Reza menjelaskan, sebagai tumbuhan rempah asli Indonesia, kecombrang punya manfaat kesehatan yang cukup beragam, seperti membersihkan darah, mencegah dehidrasi hingga mengurangi asam lambung. Sedangkan dari citarasa kecombrang adalah asam dengan ending terasa wangi.

“Ini yang membuat kami mencoba menu masakan yang memadukan karakter kecombrang dengan masakan khas Jatim, yakni sup kikil dan ayam kecombrang,” jelasnya kepada Surya, Senin (30/7).

Untuk membuat sup kikil kecombrang sebenarnya mudah. Dengan bahan utama kikil, rebus dulu dengan air matang hingga empuk. Setelah kikil diangkat, air matang ini diberi bumbu kuning seperti bawang putih, kemiri, kunyit dan daun salam. Tak lama, masukkan kapulaga, pekak plus merica, garam dan bumbu kare ke dalamnya. Terakhir, masukkan empat siung kecombrang yang sudah digeprek.

“Kikil lalu dimasukkan lagi ke dalam kuah dan diamkan 10-20 menit agar benar-benar empuk,” jelasnya.

Baca: Kuliner Surabaya - Tobys Estate, Kafe Ala Australia Buka di Surabaya. Yuk Cobain

Baca: Kuliner Surabaya - Zaskia dan Irwansyah Launching Brand Kue Baru Soft Sponge Cake di Royal Plaza

Paduan kikil dengan kecombrang membuat rasa asam pada kikil bisa terganti dengan rasa asam pada kecombrang. Paduan ini juga menjadikan sup kikil ini lebih segar, asem dan asin.

“Citarasa ini yang berbeda dari sup kikil biasa,” ujarnya.

Sedangkan pada ayam kecombrang, bahan yang digunakan adalah baby chicken yang diungkep dengan bumbu putih, seperti bawang putih, kemiri dan bawang merah yang sudah diblender. Tak lama, masukkan beberapa siung kecombrang yang sudah diiris tipis dan ditaburkan di atasnya. Lalu proses ungkep dilanjutkan hingga 15-20 menit.

“Setelah itu, ayam diangkat lalu dibakar sekira lima menit. Ini untuk mendapatkan krispi pada kulit ayam,” ujarnya.

Citarasa unik tersaji dari sup kikil dan ayam kecombrang ini. Seperti penuturan konsumen, Riya (24), warga Jl A Yani. Riya mengaku, baru kali ini mencoba sup kikil dan ayam kecombrang. “Ini termasuk menu yang unik dan belum ada di tempat lain,” katanya.

Mengenai rasa, dia mengaku ada sensasi berbeda dari sup kikil kecombrang. Tak hanya gurih, ada sedikit rasa asam dan wangi saat menyantap kuahnya. Ada pula rasa asin dan segar dari kikil yang dikunyah.

“Rasanya empuk dan citarasa kecombrang tak terlalu kuat,” pungkasnya.

Baca: Kuliner Surabaya - Monster Gulali, Favorit Anak-anak hingga Dewasa

Baca: Kuliner Madiun - Inovasi PNS Kota Madiun Ciptakan Oleh-oleh Baru, Coklat Brem dan Coklat Tempe

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved