Breaking News:

Berita Surabaya

Hari Sungai Nasional, Khofifah Ajak Warga Tidak Buang Sampah ke Sungai

Cagub Jatim 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa mengajak warga untuk turut merawat sungai

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Eben Haezer Panca
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Calon Gubernur Jaitm, Khofifah Indar Parawansa saat hadir dalam Halal Bi Halal dan Manaqib Qubro di Yayasan Khadijah Surabaya, Minggu (29/7). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Peringatan Hari Sungai Nasional 27 Juli 2018 lalu mendapat perhatian Calon Gubernur Jawa Timur 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa.

Ia mengatakan saat ini kondisi sungai banyak tercemar limbah.

Di sejumlah sungai banyak sampah plastik, popok bayi, hingga yang paling aneh, kasur!

Kondisi sungai itu menurut Khofifah harus diatasi.

Salah satunya dengan menggalakan program kali bersih.

Program ini memang sudah pernah diterapkan di jaman presiden Soeharto. Namun menurut Khofifah menggalakkan kali bersih masih sangat relevan dan harus diterapkan mengingat kondisi sungai yang hitam, bau, dan penuh sampah.

"Saya ingin program kali bersih ini menjadi sebuah gerakan. Dan supaya warga masyarakat menjadikan sungai itu beranda rumah," kata Khofifah, Senin (30/7/2018).

Selama ini, sungai kerap dijadikan bagian belakang rumah. Yang akhirnya membuat masyarakat cenderung menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah.

Sampah plastik terutama sering dibuang ke sungai. Begitu juga sampah popok. Kesadaran masyarakat yang harus banyak dibangun.

"Karena sebenarnya mindset masyarakat tentang pinggir kali sudah berubah. Sekarang orang bahkan menyebut riverside dan apartemen pinggir sungai itu juga laku kok, sehingga menjaga kebersihan sungai itu penting," ucap Khofifah.

Menjaga sungai Jawa Timur dengan membersihannya saat ini masih bisa dan belum terlambat dilakukan. Belum sampai harus memberikan bahan kimia pada sungai.

Sebab jika sudah begitu tentunya kerusakan pada sungai sudah sangat parah. Dan biaya perbaikan sungai dengan bahan kimia tentunya tidak murah. Ia menyebut, untuk program pembersihan Kali Ciliwung bahkan bisa menghasbiskan uang sampai triliunan rupiah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved