Berita Sidoarjo

DPRD Sidoarjo Ajukan Anggaran Perbaikan Ruang Rapat Paripurna Senilai Rp 3 Miliar

DPRD Sidoarjo mengajukan anggaran Rp 3 miliar dalam APBD 2018 untuk perbaikan ruang rapat paripurna.

DPRD Sidoarjo Ajukan Anggaran Perbaikan Ruang Rapat Paripurna Senilai Rp 3 Miliar
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Gedung DPRD Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Rencana Anggota DPRD Sidoarjo untuk membangun gedung baru memang batal. Namun para wakil rakyat di Kota Delta ternyata tetap ngotot mengalokasikan anggaran untuk fasilitas gedungnya.

Dalam anggaran tahun ini, diketahui ada alokasi sebesar Rp 3 miliar dana APBD 2018 untuk rehabilitasi ruang rapat paripurna DPRD Sidoarjo dan pemasangan lift di gedung dua lantai tersebut.

"Saya tidak tahu pasti angkanya. Hanya saja, ruang rapat paripurna memang butuh perbaikan. Utamanya di bagian atap yang sudah melengkung," jawab Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan, Minggu (29/7/2018).

Diakuinya, awalnya para anggota dewan mengusulkan pembangunan gedung baru mengingat gedung utama yang berada di depan itu sudah cukup tua dan mengalami kerusakan di beberapa titik.

Namun karena keterbatasan anggaran, dewan lantas mengalihkan renovasi saja. Khususnya di ruang paripurna yang selama ini sudah menghawatirkan bagian atapnya.

Menurut Wawan, panggilan Sulamul Hadi Nurmawan, gedung utama DPRD Sidoarjo yang sehari-hari dipakai sekretariat dewan dan ruang paripurna itu usianya sudah cukup tua. Gedung ini diresmikan sekitar tahun 1975 silam.

Selama ini juga tidak ada lift di sana. Sehingga para anggota dewan, pejabat Pemkab Sidoarjo, maupun masyarakat yang hendak mengikuti rapat paripurna di sana harus naik lewat tangga yang berada di lobi utama gedung.

"Jadi saya kira tidak berlebihan kalau ada renovasi terhadap ruang rapat paripurna tersebut. Toh itu untuk kepentingan banyak pihak," lanjut politisi PKB ini.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo, Sigit Setyawan, saat dikonfirmasi juga membenarkan program renovasi gedung DPRD yang berada di sebelah barat alun-alun Sidoarjo itu.

"Rehab gedung utama DPRD Sidoarjo dan pemasangan lift di sana nilai pagunya Rp 2,95 miliar," jawab Sigit saat ditanya Surya, Minggu sore.

Menurutnya, proyek ini masih dalam tahap perencanaan. Dijadwalkan, Minggu depan sudah masuk ke bagian pengadaan untuk selanjutnya dilelang.

Pengerjaan renovasi ruang rapat paripurna dan pemasangan lift di gedung utama DPRD Sidoarjo ditargetkan tuntas akhir tahun ini. Artinya, tahun dewan dewan sudah bisa menikmati fasilitas baru saat menggelar rapat paripurna.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved