Citizen Reporter

Memburu Air Terjun Desa Jelun

Ada titik-titik yang potensial untuk dijadikan spot foto dan wahana flying fox serta masih banyak lagi potensi yang lain.

Memburu Air Terjun Desa Jelun
ist

Menempati Desa Jelun, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, membuat mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang gembira. Lokasi itu menjadi tempat wisata dan berpotensi untuk dikembangkan.

Mahasiswa yang ada di sana dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dengan mengambil konsentrasi guiding and tourism. Penempatan di tempat itu oleh Dinas Pariwisata membuat mahasiswa bergerak untuk menggali potensi yang ada dan diangkat sebagai daya tarik wisatawan.

Menurut Hadi Mulyono, Kepala Desa Jelun, di Dusun Ledok, Desa Jelun ada air terjun Kedunglowo. Itu air terjun yang dapat dikemas menjadi lebih menarik.

Esoknya, Senin (2/7/2018) mahasiswa langsung mencari air terjun Kedunglowo. Jarak air terjun sekitar 3,5 km dari Balai Desa Jelun. Akses jalan menuju ke sana masih harus ada perbaikan berkelanjutan.

Selain itu, ada titik-titik yang potensial untuk dijadikan spot foto dan wahana flying fox serta masih banyak lagi potensi yang lain.

Air terjun Kedunglowo masih belum dikelola sebagai tempat wisata. Oleh karena itu, untuk masuk ke sana sama sekali tidak dipungut biaya. Kendaraan cukup dititipkan di halaman rumah warga.

Rasa lelah dan penasaran selama perjalanan terbayarkan dengan indahnya air terjun Kedunglowo. Dari jauh sudah terdengar suara gemuruh air yang seolah bergesekan dengan batu.

Jika dikelola dengan baik, air terjun Jelun pasti akan menjadi daya tarik tersendiri. Kelak, itu akan menjadi tempat wisata dan mengangkat perekonomian masyarakat Desa Jelun.

Mukhammad Lutfi
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
15310109@student.uin-malang.ac.id

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved