Berita Jember

Ombak Tinggi Diprediksi Masih Terjadi, BPBD Jember Beri Imbauan Ini ke Nelayan

Heru menambahkan agar nelayan benar-benar mematuhi peraturan yang diberlakukan, agar tidak ada lagi korban berjatuhan kembali.

Ombak Tinggi Diprediksi Masih Terjadi, BPBD Jember Beri Imbauan Ini ke Nelayan
surya/erwin wicaksono
Kondisi perairan pantai Pancer, Jember, terpantau ombak masih tinggi, Jum'at (27/7/2018). Muara yang biasanya menjadi jalur nelayan mengarungi laut tampak sepi oleh kapal nelayan. 

SURYA.co.id | JEMBER - Situasi cuaca yang tak menentu, khususnya di wilayah pesisir Jember, mengakibatkan timbulnya angin kencang disertai gelombak laut yang cukup tinggi. Kondisi tersebut menjadi sangat membahayakan bagi para nelayan ketika hendak melaut.

Ketua Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo, menuturkan sudah melakukan langkah untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

"Kami sudah koordinasi sejak tiga hari yang lalu soal kemungkinan gelombang tinggi ini. Maka dari itu kami beri sosialisasi kepada nelayan kami terjun ke pinggir pantai sosialisasi langsung kepada nelayan, dan kasih bendera hitam sebagai tanda bahwa kondisi pantai dalam kondisi berbahaya," terang Heru ketika dikonfirmasi, Jumat (27/7/2018).

Heru menambahkan agar nelayan benar-benar mematuhi peraturan yang diberlakukan saat ini, agar tidak ada lagi korban berjatuhan kembali.

"Kami harap nelayan patuh ya, itu demi keselamatan juga agar tidak terjadi kondisi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa," tambahnya.

Kondisi gelombang tinggi menurut Heru akan terjadi selama beberapa hari kedepan, dan kemungkinan bisa berubah seiring dengan perkembangan kondisi cuaca yang dinamis.

"Selama dua hari ke depan gelombang tampaknya masih tinggi. Terus kami pantau mengingat kondisi cuaca ini sifatnya dinamis," pungkasnya.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved