Berita Jember

Dua Perempuan di Jember Serahkan 2 Ekor Buaya Peliharaan ke BKSDA. Ini Sebabnya

Dua perempuan di Jember menyerahkan buaya peliharaan mereka masing-masing ke BKSDA. Apa sebabnya?

surabaya.tribunnews.com/erwin wicaksono
Buaya muara yang diserahkan oleh pemiliknya ke BKSDA Jember. 

Kepala BKSDA Jember: Warga Sipil Tak Boleh Pelihara Buaya

SURYA.co.id | JEMBER - Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA)  kabupaten Jember menerima penyerahan 2 ekor buaya dari warga dalam tempo sebulan terakhir. 

Buaya pertama berjenis buaya muara (crocodilus porosus) diserahkan pemiliknya, Siti Rohman, seorang perempuan dari desa Garahan, kecamatan Sempolan, pada 25 Juli 2018 lalu. 

Wanita tersebut menyerahkan secara sukarela buaya berusia sekitar 7 tahun yang ia pelihara setelah mengikuti sosialisasi BKSDA.

Sedangkan buaya kedua berumur 3 tahun. Buaya itu diserahkan oleh Siti Aminah, warga Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.

"Dalam tempo satu bulan terakhir, Rabu kemarin kita berhasil berhasil dapat buaya dari dua warga yang serahkan secara sukarela ke pihak BKSDA," terang Setyo Utomo selaku Kepala BKSDA Wilayah III Jember ketika ditemui diruangannya, Jum'at (27/7/2018)

Kepala BKSDA Jember menegaskan, warga sipil tidak boleh memelihara secara bebas satwa yang dilindungi termasuk buaya.

"Sangat dilarang warga sipil memelihara satwa dilindungi termasuk buaya, karena melanggar undang-undang, sekalipun dia komunitas pecinta satwa atau reptil kalau gak punya izin ya gak boleh" tambahnya.

Dikarenakan wilayah Jember tidak ada tempat penangkaran buaya, selanjutnya buaya yang kini masih berada di kantor BKSDA Jember, akan diserahkan ke BKSDA Malang yang wilayahnya memiliki penangkaran buaya.

"Berhubung tidak ada tempat di Jember yang punya penangkaran, jadi kita lempar ke BKSDA Malang yang wilayahnya punya tempat penangkaran buaya," ujar Setyo.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved