Citizen Reporter

Aplikasi e-BBQ untuk Belajar Alquran

Aplikasi e-BBQ yang memiliki dua basis utama, yaitu sistem website dan android yang dapat membantu dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Agama Islam.

Aplikasi e-BBQ untuk Belajar Alquran
ist

Tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang menciptakan media inovasi belajar Alquran berbasis elektronik yang disebut e-BBQ. Mereka adalah Ari Gunawan (Jurusan Manajemen), Mohammad Nasikhun Amin (Teknik Elektro), dan Achmadan Nizarul Zulmi (Pendidikan Luar Sekolah).

“Aplikasi e-BBQ ditawarkan sebagai salah satu produk inovasi belajar di UM. Itu untuk mengembangkan sistem pembinaan dan pengelolaan kegiatan tentang Alquran secara digital. Sistem e-BBQ juga dapat memangkas kesulitan administrasi karena melibatkan lebih dari 3.000 mahasiswa setiap periodenya,” ungkap Ari Gunawan selaku Ketua Tim.

Aplikasi e-BBQ memiliki manfaaat yang nyata bagi berbagai kalangan. Manfaat serta urgensi dari pengembangan inovasi pengajaran Alquran melalui e-BBQ bagi mahasiswa yaitu memudahkan mahasiswa untuk mengakses layanan pengajaran Alquran yang dilaksanakan di UM.

Aplikasi e-BBQ dibuat setelah melihat data hasil pengajaran mata kuliah Pendidikan Agama Islam di UM yang berakhir Juli 2018. Hasil itu menunjukkan kebutuhan mahasiswa untuk belajar dengan cara berbeda agar hasilnya lebih baik.

Ada beberapa fitur yang disajikan di aplikasi itu, yaitu belajar Alquran, bina ibadah, latihan, dan monitoring tentor. Fitur pertama adalah belajar Alquran dilengkapi dengan menu yang dapat mengoreksi bacaan Alquran yang salah, serta memberi petunjuk cara membaca yang benar.

Fitur kedua berupa bina ibadah yang menyajikan tiga menu utama yaitu salat, taharah, dan puasa.
Fitur latihan juga disajikan guna mengukur kemampuan pengguna, latihan disajikan dalam beberapa tipe soal. Ada juga fitur monitoring tentor digunakan untuk mengadministrasi penilaian.

Aplikasi e-BBQ yang memiliki dua basis utama, yaitu sistem website dan android yang dapat membantu dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Itu untuk memantau perkembangan kemampuan baca Alquran.

“Inovasi pembelajaran Alquran melalui e-BBQ ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk dikembangkan secara luas, mengingat semua pendidikan tinggi wajib menyelenggarakan pendidikan karakter melalui mata kuliah Pendidikan Agama,” pungkas Ari.

Rosida Eka Oktaviani Pakartining Madu
Mahasiswa Universitas Negeri Malang
rosidaoktavia05@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved