Citizen Reporter

Ini Tradisi Awal Tahun Pelajaran

Santri berkunjung kepada kiai dengan harapan mendapat petunjuk atas permasalahan, atau untuk mengharap doa.

Ini Tradisi Awal Tahun Pelajaran
ist

MTs Wachid Hasyim Surabaya memiliki tradisi tahunan. Sebelum gong tahun pelajaran tahun baru ditabuh, seluruh dewan guru, staf, dan karyawan berkunjung ke rumah pengurus dan pendiri yayasan.

Menurut H Zainuri, Wakil Kepala Madrasah Bagian Humas, tradisi seperti itu sudah berjalan bertahun-tahun. Kegiatan itu dilaksanakan Sabtu, (14/7/2018).

Yang pertama dikunjungi adalah KH Makhid Masrufi, pendiri yayasan. Meskipun sudah wafat, kediamannya di Desa Gelanggang, Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik tetap dikunjungi sebagai wujud penghormatan. Ia orang yang paling berjasa dalam pendirian lembaga pendidikan itu.

Lima kendaraan beriringan melanjutkan perjalanan ke Pasuruan. Mereka sowan ke salah satu kiai kharismatik. Sowan adalah tradisi yang ada di pondok pesantren. Santri berkunjung kepada kiai dengan harapan mendapat petunjuk atas permasalahan, atau untuk mengharap doa. Sowan tidak hanya dilakukan santri. Siapa pun boleh.

“Tujuan dari kegiatan ini yang pertama, adalah untuk menjalin silaturahmi. Kedua, meneladani sikap, prilaku, dan kegigihannya dalam menyebarkan kebaikan. Ketiga, berharap mendapatkan berkah dari kealimannya,” kata Zainuri.

Tradisi itu berlangsung hingga sekarang. Sebelum tahun pelajaran baru, semua pengurus dan pendiri yayasan sudah didatangi. Doa yang terbaik dari mereka menjadi kekuatan untuk menjalankan proses belajar di sekolah.

Abdul Karim
Staf pengajar IPA MTs Wachid Hasyim Surabaya
karim.paf99@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved