Berita Pacitan

Gelombang Tinggi di Perairan Pacitan, Wakil Bupati Imbau Masyarakat dan Nelayan Waspada

Wabup Pacitan mengimbau para nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang selema sepekan ini melanda perairan Pacitan.

Gelombang Tinggi di Perairan Pacitan, Wakil Bupati Imbau Masyarakat dan Nelayan Waspada
surabaya.tribunnews.com/m sudarsono
Ombak besar di perairan pantai Tuban, Selasa (19/6) 

SURYA.co.id|PACITAN - Selama hampir satu pekan ini, terjadi ombak besar di wilayah Pacitan. Akibatnya, sejumlah kios dan kapal milik nelayan di pantai Pacitan rusak diterjang ombak besar.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi ombak besar masih akan terjadi selama sepekan ke depan. Bahkan, ombak besar di wilayah Pantai Selatan yang terbesar akan terjadi pada Jumat (27/7/2018) besok.

Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo ketika dihubungi via telpon menuturkan, pemerintah daerah telah memberikan peringatan kepada para nelayan agar tidak melaut. Selain itu, warga yang berjualan di wilayah Pantai Selatan agar mewaspadai ombak besar yang kapan saja bisa terjadi.

"Dampaknya di Pacitan, tentunya, sangat ekstrim. Ada beberapa kios yang memang dibangun di dekat pantai sehingga terkena rob (ombak besar),"kata Sumbogo saat dihubungi, Kamis (26/7/2018) malam.

Baca: BPBD Tulungagung Memantau Kondisi Gelombang Tinggi di Tiga Pantai

Ia menuturkan, tidak seluruhnya pantai di Pacitan terdampak ombak besar. Dua pantai di Pacitan yang terdampak yaitu Pantai Klayat dan Pantai Karung.

"Paling parah Pantai Klayar, tapi nggak seberapa,"katanya.

Sumbogo menuturkan, beberapa hari yang lalu, banjir rob juga sampai ke jalan aspal, namun tidak menimbulkan kerusakan.

Dia mengatakan, tidak ada korban akibat terjangan ombak besar di wilayah Pantai Selatan, karena sebelumnya sudah dilakukan peringatan dini terhadap masyarakat untuk waspada.

"Kami sudah ada antisipasi, ada antisipasi dini, kami juga memiliki alat monitoring ketinggian gelombang. Sehingga kami terus berkomunikasi dengan nelayan di pesisisr pantai. Alhamdulillah, nelayan sendiri bisa mengantisipasi agar tidak melaut," katanya.

Baca: Ombak Tinggi Capai 4 Meter, Nelayan Puger, Jember, Enggan Melaut

Hingga saat ini, pemerintah Kabupaten Pacitan mengimbau kepada para nelayan agar tidak melaut, hingga ada pemberitahuan resmi dari BMKG bahwa laut sudah aman.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved