Single Focus

Selebgram dan YouTuber Sering Jadi Referensi Model Rambut

"Mas, kalau rambutnya diwarnai seperti ini bisa tidak?" tanya Arya Adimas Firmansyah (20)sambil menunjukkan foto seorang pria berambut hijau.

Penulis: Delya Octovie | Editor: Parmin
Surya.co.id /delya octovie
Paduka Firmansyah Firdaus (15) dan Arya Adimas Firmansyah (20) sedang memangkas rambutnya di Enso Barbershop. 

SURYA.co.id, SURABAYA - "Mas, kalau rambutnya diwarnai seperti ini bisa tidak?" tanya Arya Adimas Firmansyah (20) sambil menunjukkan foto seorang pria berambut hijau kepada Acil (23).

Pegawai Enso Barbershop tersebut menyebut bisa saja, namun butuh waktu hingga satu jam.

Arya yang sehari-hari bekerja sebagai supir Go-Jek tersebut pun mengurungkan niatnya karena tak bisa berlama-lama, dan meminta potongan rambut dengan gaya 'kekinian'.

Foto pria yang ditunjukkan Arya pada Acil adalah YouTuber Ericko Lim, yang menyebut dirinya sebagai seorang shoutcaster gim League of Legends - Garena di profil saluran YouTube-nya.

Dalam foto tersebut, Ericko Lim memiliki rambut atas berwarna ash-green, dan rambut bawah yang dibiarkan hitam.

"Memang ingin punya rambut ombre begitu, gara-gara lihat Ericko Lim. Sempat rambut saya diwarnai hijau gelap, tetapi bertahan sebentar saja karena saya ada panggilan wawancara kerja," tutur Arya.

Tepat di sebelah Arya, seorang siswa SMKN 8 Surabaya yang baru saja pulang sekolah, sedang membiarkan rambutnya dipangkas oleh pegawai Enso Barbershop lainnya.

Tak seperti Arya yang lebih bebas memilih gaya rambut, pilihan gaya rambut siswa bernama Paduka Firmansyah Firdaus (15) ini lebih terbatas.

Ia sangat ingin rambut bagian bawahnya dipangkas habis dengan rambut bagian depan yang memanjang, namun peraturan sekolahnya tidak memperbolehkan gaya rambut seperti itu.

"Saya itu ingin gaya rambut seperti ini (menunjukkan foto pria di sebuah akun Instagram), tapi tidak boleh sama sekolah. Teman-teman saya juga sukanya yang kanan-kirinya tipis begitu," kata gitaris sebuah band ini.

Pria yang dimaksud Paduka adalah Johnny Orlando, selebgram dan YouTuber yang gemar mengunggah video cover lagu bersama kakak perempuannya, sebelum ia merilis album sendiri pada tahun 2012.

Selama lima tahun Acil bekerja sebagai seorang pemangkas rambut pria alias barber, ia memerhatikan banyak pelanggannya yang berkonsultasi terlebih dahulu dengan cara menunjukkan foto pria, mulai dari selebriti, pemain bola, maupun yang terkenal melalui media sosial.

"Kebanyakan orang menanyakan, cocok tidak sih saya mengenakan potongan rambut seperti ini, sambil menunjukkan foto orang terkenal. Biasanya sih fotonya orang luar," kata Acil.

Sedangkan artis lokal yang Acil ingat beberapa kali ditunjukkan fotonya oleh pelanggan adalah David Bayu, vokalis band Naif.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved