Pilkada 2018

Lagi di New York, Emil Tak Dampingi Khofifah di Penetapan KPU. Diundang Forum Wali Kota Dunia

Emil masih berada di New York dan menjadi satu-satunya wakil Asia dalam acara Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018.

Lagi di New York, Emil Tak Dampingi Khofifah di Penetapan KPU. Diundang Forum Wali Kota Dunia
istimewa
Bupati Trenggalek sekaligus Wakil Gubernur Terpilih 2019-2024 Emil Elistianto Dardak hadir dan menjadi satu-satunya wakil dari Asia dalam acara Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018, New York, Amerika Serikat, Sabtu (24/7/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak dipastikan tidak akan hadir mendampingi Khofifah Indar Parawansa dalam penetapan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih dalam Pilgub 2018 oleh KPU Jatim yang digelar nanti malam, Selasa (24/7/2018).

Sebab, Emil saat ini masih berada di New York dan menjadi satu-satunya wakil dari Asia dalam acara Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018.

Emil yang juga wakil gubernur terpilih untuk periode 2019-2024 itu diundang untuk mengikuti forum internasional yang dihadiri oleh 30 wali kota dunia. Bukan sekedar undangan, namun partisipan forum ini telah melalui seleksi ketat.

Bloomberg Havard sangat selektif untuk memilih perwakilan kepala daerah dari luar zona North America, karena peserta diharapkan akan memperkaya kualitas grup dan materi pembahasan dalam menyusun platform kepemimpinan daerah.

"Saya sendiri terkejut. Trenggalek yang daerah kecil, bisa terpilih untuk mewakili Asia bersama walikota-walikota yang ada di dunia. Ini merupakan kebanggaan bagi Trenggalek dan Indonesia," jelasnya, Selasa (24/7/2018).

Dalam forum ini kepala daerah dari mancanegara ini akan menjadi satu grup dengan 30 walikota dari kota-kota ternama di Amerika Serikat seperti Miami (Florida), Atlanta (Georgia), San Antonio (Texas), San Jose (Californio), Columbus (Ohio), Albany (New York), dan lainnya.

Kota-kota Amerika Serikat yang dipilih kebanyakan adalah ibukota negara bagian (state capital) atau kota terbesar di negara bagian.

Ada pula walikota Helsinki dari Finlandka, walikota Sao Paulo dari Brazil, serta walikota Quito dari Ecuador yang juga mantan calon Presiden dan tuan rumah kongres akbar perkotaan dunia 20 tahunan PBB yang dinamakan Habitat-3.

Mengacu kepada nama-nama besar yang berpartisipasi, tentu menjadi hal yang mengejutkan bahwa Trenggalek yang merupakan kabupaten relatif kecil di Jawa Timur turut diundang dan menjadi satu-satunya wakil dari wilayah Asia dalam Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018.

Emil Dardak mengaku terkejut saat mendapat undangan dari Michael Bloomberg dan Rektor Harvard. Proses seleksi mensyaratkan Emil menjelaskan rekam jejak kepemimpinannya yang kemudian akan divalidasi secara seksama oleh tim Harvard.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved